[ADS] Top Ads

Syarat Dasar Pelamar CPNS 2018, Wajib Banget!

Ilustrasi CPNS, dok: IST


Rabu 19 September 2018, merupakan hari dibukanya pendaftaran CPNS tahun ini. Total, 238.015 formasi jabatan akan diumukan oleh Pemerintah. Dari jumlah yang disebutkan, sebanyak 51.271 formasi untuk instansi pusat dan 186.744 formasi instansi daerah. Wah, banyak juga ya... Namun dari jumlah yang banyak itu, total pelamar CPNS tahun ini juga lebih banyak. Jadi, siapkan semuanya dengan matang ya kalau kamu ingin melamar CPNS.

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah 9 syarat dasar untuk melamar CPNS dan pastinya kamu harus lolos kualifikasi syarat dasar ini.


  • Berusia 18-35 tahun pada saat melamar.
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan penjara 2 tahun atau lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat/tidak hormat sebagai PNS, anggota TNI, dan POLRI. Dan tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, anggota TNI atau POLRI.
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik taktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.
  • Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).


Nah, jika kamu memenuhi persyaratan di atas, sekarang tinggal menyiapkan dokumen-dokumen yang harus dipenuhi.


Setelah semua dokumen sudah siap, saatnya mendaftar di portal https://sscn.bkn.go.id. Berikut adalah tatacara pendaftaran CPNS 2018.


*Jika pada saat mendaftar kamu mengalami masalah, kamu bisa meminta bantuan dengan meng-klik helpdesk.

Untuk lokasi tes CPNS 2018 ini, Pemerintah sudah menyiapkan 176 titik lokasi, diantaranya Kantor BKN Pusat, 14 Kantor Regional BKN, 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN yang tersebar di seluruh Indonesia, fasilitas mandiri dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah.

Sudah siap mendaftar CPNS? Ingat ya, pendaftaran dibuka mulai tanggal 19 September 2018 hingga minggu kedua bulan Oktober. Semoga sukses untuk para pendaftar CPNS ya! Good luck!

5 komentar

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2023

Adittp.com ~ Berisi Kegabutan