[ADS] Top Ads

Internet Unlimited by.U vs Smartfren: Mana yang Paling Worth It?



Internet unlimited nih, Bos!

Hampir semua provider sekarang menyediakan paket internet unlimited. Paket yang menjadi dambaan semua orang karena tidak membuat penggunanya merasa terkekang. Begitu harapannya.

Tapi, dari semua paket internet unlimited yang disediakan beberapa operator, hanya ada dua yang menurutku bisa disebut internet unlimited beneran. Yaitu by.U dan Smartfren. Menurutku, kedua paket unlimited ini yang paling mampu mencukupi kebutuhan internet untuk satu bulan ke depan. Eh, nggak ding. Karena Smartfren masa berlakunya hanya 28 hari.

Provider lain pun sama, masa aktif paketnya 30 hari. Hanya saja, FUP-nya berbasis kuota yang kalau kuotanya habis sebelum waktunya, pasti bikin gemes karena kecepatannya turun drastis.

by.U

by.U hadir dengan paket Yang Bikin Aman Jaya. Sebuah nama yang nyeleneh untuk sebuah paket internet. Namun, dari namanya kita jadi tahu bahwa paket ini adalah paket yang bikin aman jaya karena penggunanya tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota. Kira-kira begitu.

Paket yang ditawarkan by.U ini unlimited-nya terasa banget karena benar-benar tanpa batas tidak ada batasan kuota. Cuma, kita dibatasi dengan kecepatannya hanya sampai maksimal 2 Mbps saja. Kita bisa membelinya di aplikasi by.U dengan harga Rp 150.000 perbulannya.

Smartfren

Dibanding yang lain, Smartfren menawarkan internet unlimited dengan harga yang paling merakyat mulai dari Rp 60.000 - Rp 100.000 per 28 hari. Namun, Smartfren membatasinya dengan FUP harian. Ada 3 jenis paket yang bisa kamu pilih, yaitu unlimited harian dengan FUP 500MB/hari, 1GB/hari, dan 1,5GB/hari.

Jika dibandingkan dengan provider lain, memang sama-sama menerapkan kuota FUP. Bedanya, Smartfren memberikan FUP-nya per hari. Jadi, kalau hari ini kita melewati batas pemakaian wajar, kecepatan internet pada hari ini diturunkan namun besoknya masih bisa reset lagi. Sedangkan provider lain menawarkan FUP untuk sebulan.

Misalnya, provider A memberikan kuota unlimited dengan FUP 20GB untuk satu bulan. Jika kita sudah menggunakan kuota 20GB di minggu pertama, ya sudah. Hari-hari berikutnya kecepatannya sudah turun sampai masa berlaku paketnya habis.

Itu sebabnya, aku menyebutkan bahwa by.U dan Smartfren adalah provider yang menawarkan internet unlimited yang paling masuk akal dibanding yang lain. Lalu, dari kedua ini, manakah yang paling worth it?

Berdasarkan pengalaman menggunakan kedua provider ini, yang aku suka dari by.U adalah kecepatannya tetap stabil tanpa mengurangi kecepatan. Dengan catatan, kecepatan maksimal hanya sampai 2 Mbps saja.

Cocok Untuk Streaming

Kecepatan yang stabil membuat by.U cocok untuk menonton video. Masih berdasarkan pengalaman, kecepatan 2 Mpbs sudah cukup untuk streaming video tanpa buffering dengan kualitas standar 480p.

Lumayan lah, 480p sudah cukup enak dilihat dan tidak menyakiti mata kok. Selain itu, kita bebas mau menghabiskan berapa GB juga terserah. Jadi, untuk kamu yang suka maraton drakor, nonton podcast Deddy Corbuzier, atau nonton bokep, by.U adalah pilihan bagus.

Tidak Cocok Untuk Nge-game

Namun kecepatannya yang hanya sampai 2 Mbps ini sangat tidak baik untuk bermain game. Aku mencoba untuk bermain Mobile Legends, seringnya emosi karena pingnya kuning. Nggak seru, beneran deh.

Kalau kamu seorang gamer tapi pengen pakai by.U, mending beli paket kuota 75GB/bulan harganya sama-sama Rp 150.000. Kecepatannya sama kok dengan Telkomsel. 

Sementara itu, yang aku suka dari Smartfren adalah kecepatannya yang tidak terbatas sampai mentok. Dengan catatan, sesuai kualitas jaringan di daerah kalian ya. Kalau bagus ya bisa wus wus wus. Kalau jelek ya jangan ngarep deh. Buang aja kartunya, ganti yang lain. Ya gimana? Beberapa orang suka ngeluh di kolom komentar fanspage Smartfren di Facebook.

Harganya Murah

Mulai Rp 60.000 kita sudah bisa menikmati internet unlimited untuk 28 hari. Dengan catatan diberikan kuota FUP 500 MB per hari, kuota FUP 1 GB per hari dengan harga Rp 80.000 dan kuota FUP 1,5GB per hari dengan harga Rp 100.000. Kita bisa membelinya sesuai kebutuhan.

Selain itu, apa ya? Harganya murah dan kecepatannya tak terbatas. Namun, sebelum beli Smartfren, cek dulu kualitas jaringannya. Sinyal kuat belum tentu kecepatannya bagus sih. Di tempatku sinyalnya selalu full, tapi kecepatannya agak kurang memuaskan. Tapi kalau sedang pergi ke tempat yang jaringannya bagus, kecepatannya tidak perlu diragukan.

Tidak Cocok Untuk yang Maniak Internet

Smartfren cocoknya itu untuk orang yang tidak begitu candu dengan internet. FUP yang hanya 500 MB mana cukup. Untuk nonton Shin Tae-yong di podcast Deddy Corbuzier saja kayanya kurang. Apalagi untuk nonton bok eh drama Korea. 

Meskipun kamu beli dengan FUP 1,5GB saja rasanya tidak akan cukup kalau kamu memang gemar internetan. Dah, paket unlimited Smartfren cocoknya untuk orang yang biasa pakai internet cuma untuk balas chat, sesekali scroll sosmed, sesekali streaming, dan sesekali sesekali yang lain.

Karena ada batas kecepatan wajar yang diterapkan, pinter-pinternya kita saja dalam mengatur penggunaan. Kalau FUP-nya habis dan kita masih butuh, kita juga bisa membeli booster untuk menambah kecepatan di hari itu. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

by.U dan Smartfren bagus mana?

Pada akhirnya, semua kembali kepada kebutuhan dan kemampuan. Karena kedua konsep ini dua provider ini memang beda. by.U menawarkan internet yang aman jaya tanpa takut memikirkan FUP. Hanya saja kecepatan paling mentok hanya sampai 2 Mbps.

Smartfren menawarkan internet unlimited murah merakyat dengan kecepatan yang tidak dibatasi (kalau jaringannya bagus dan FUP-nya belum habis). Jadi, kamu yang pakai internet pasti lebih tahu mana yang kamu butuhkan. 

Bisa saja, tulisan ini tentang by.U dan Smartfren eh ternyata kamu lebih butuh Indosat. Wkwkw. Ya nggak dosa juga. XL juga boleh. Terserah.





Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

Adittp.com ~ Adit Tian