[ADS] Top Ads

Waktu Terbaik Minum Kopi



Hari ini aku lagi mikir, 'blogger di tahun 2021 ini masih eksis nggak sih?'. Soalnya orang lebih banyak suka menonton daripada mendengarkan. Apalagi ada YouTube, TikTok, dan Reels yang banyak digemari orang-orang. Ya nggak semua si, tetap saja masih ada juga orang yang gemar membaca. 


Lalu, isenglah aku mengetik di Google: "blogger terbaik 2021". Ya lah! Aku ingin tahu siapa saja blogger-blogger terkenal yang tulisannya bagus saat ini. Akhirnya salah satu artikel dari merdeka.com yang ditulis pada bulan September 2020 menarik jariku untuk membacanya. Ini artikelnya: 4 Blogger Keren Indonesia Yang Wajib Diketahui, Terbaik dan Inspiratif


Dalam daftar artikel tersebut, posisi nomor 1 adalah Gita Savitri Devi dengan blognya A Cup Of Tea. Mbak Gita berusia 29 tahun dan sekarang tinggal di Jerman. Nggak tahu si tetanggaan sama Thomas Muller atau nggak. 


Blognya berisi seputar perempuan dan kehidupan. Tulisan dan pemilihan kata yang digunakan pun sangat mudah dipahami walaupun mengangkat hal-hal yang serius. Asik sih, beneran. Aku aja betah. Blognya masih aktif sampai saat ini. Iyalah, emangnya saya, yang nulisnya musiman.


"Wah, baca sambil ngopi enak nih"


Tapi ngopi siang-siang begini baik nggak sih? Sambil membaca tulisan di blog Mbak Gita aku membuka tab baru di Chrome mencari dengan kata kunci 'waktu terbaik minum kopi'.


Anjir lelet! Wkwk


Berbagai website muncul di pencarian teratas diantaranya adalah Hallosehat.com. Dilansir laman tersebut waktu terbaik adalah pada pukul 9.30 hingga 11.30 atau biasa kita sebut sebagai coffee break.


Kompas.com juga sependapat bahwa waktu minum kopi adalah saat coffee break. Selain waktu tersebut, pukul 13.30-17.00 juga waktu terbaik untuk minum kopi. Karena sekarang pukul 13.46, ya sudah aku langsung ke dapur merebus air untuk bikin kopi.


Sedangkan situs Sasamecoffee.com lebih banyak lagi pilihan waktu untuk minum kopi. Yaitu saat coffee break, dua jam setelah makan siang, dan 6 jam sebelum tidur. 


Setelah makan siang, orang cederung mengantuk dan sulit fokus sehingga kopi adalah solusi untuk mencegah rasa kantuk dan kembali fokus. 


Minum kopi tidak dianjurkan saat malam karena dapat mengganggu waktu tidur. Karena itu dianjurkan minum kopi 6 jam sebelum tidur saja.


Situs Idntimes.com juga menuliskan bahwa minum kopi sebelum olahraga dapat meningkatkan kecepatan lari dan mengangkat beban lebih berat. Hal itu diutarakan oleh Lyndi Cohen, seorang ahli gizi dari Australia.


Dari situs-situs di atas, waktu minum kopi terbaik adalah saat hormon kortisol sedang menurun. Dan tidak dianjurkan untuk minum kopi di waktu-waktu hormon kortisol sedang tinggi, yaitu pagi-pagi, setelah bangun tidur dan tengah hari pukul 12.00-13.30.


Minum kopi saat hormon kortisol sedang tinggi tidak dianjurkan karena bisa membuat hormon ini terus meningkat. Jika terjadi dalam waktu yang lama, hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, merusak kekebalan tubuh, perubahan libido, dan siklus menstruasi pada wanita.


Ah, kopiku sudah habis sebelum tulisan ini selesai. Dahlah, mau baca-baca blognya Mbak Gita lagi.

1 komentar

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

Adittp.com ~ Adit Tian