Tips & Tutorial Bernyanyi di Kamar Mandi




Bernyanyi adalah hak setiap insan, tidak terkecuali saat melakukan ritual bersih-bersih badan alias mandi. Aku pun sering melakukannya ketika mandi. Ya, daripada mandi mainan sabun terus memangnya nggak bosen? Nyanyi lah, buat menghibur diri. 

Lagipula, ruangan di kamar mandi itu sangat mendukung untuk kegiatan bernyanyi. Maksudku, ukurannya yang relatif sempit membuat suara kita bergema dan terdengar bagus di telinga. Telinga siapa? Telinga sendiri lah pastinya. Telinga orang mah belum tentu.

Namun, bernyanyi di kamar mandi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan lho! Karena bisa saja berakibat fatal. Jadi, sebelum kalian mulai konser pribadi di kamar mandi, pastikan baca tutorial bernyanyi di kamar mandi berikut ini.

Pertama, pastikan kalian benar-benar mau mandi. Namun jika kamar mandimu didesain jadi satu dengan toilet, kamu boleh juga bernyanyi di kamar mandi sambil buang air besar (boker, ngising). Orang Londo Jawa biasanya menyebutnya dengan 'singing with ngising'. Perlu diperhatikan, itu beresiko mengganggu pitch saat bernyanyi sambil mengejan.

Kedua, bernyanyilah dengan tulus sepenuh hati. Meskipun hanya bernyanyi di kamar mandi, setidaknya kalian harus melakukannya dengan sepenuh hati. Kita tahu bahwa untuk menghasilkan sesuatu yang baik, kita harus melakukannya dengan hati. Walaupun saat bernyanyi kita menggunakan mulut.

Ketiga, jangan bernyanyi sambil menggosok gigi. Ini sangat tidak dianjurkan karena kalau keselek akan merepotkan. Ya kali, masa keselek pasta gigi. Itu masih mending. Kalau keselek sikatnya? Repot nggak tuh?

Keempat, perhatikan nada dan volume saat bernyanyi. Walaupun saat mandi kita bernyanyi untuk diri sendiri, setidaknya ikutilah nada lagu. Kita juga harus memperhatikan volume supaya nyanyian indah kita tidak menganggu orang-orang rumah atau bahkan tetangga. Aku paham orang saat bernyanyi merasa suaranya paling bagus. Tapi kan itu hanya perasaanmu saja. Kamu boleh bernyanyi sesuka hatimu hanya jika kamar mandimu didesain kedap suara.

Kelima, jangan bernyanyi jika kamu numpang mandi di rumah orang atau mandi di kamar mandi umum. Apalagi kalau kamu sadar bahwa suaramu tidak meyakinkan. Itu termasuk tidak sopan dan tidak dianjurkan karena dapat mengganggu ketertiban dunia dan bisa saja menjadi tindak kejahatan perbuatan yang tidak menyenangkan. 

Keenam, kontrol diri. Sekali lagi, walaupun kamu merasa suaramu paling bagus di kamar mandi, tetap saja kamu harus bisa menahan diri. Nyanyikan lah lagu secukupnya untuk menemani kamu mandi. Jangan nyanyikan lagu satu album. Selain itu, jangan terlalu menghayati lagu. Jangan bernyanyi sambil jingkrak-jingkrak, karena dapat meningkatkan resiko kaki terpeleset.

Ketujuh, ingat tujuan awal. Tujuan awalmu adalah mandi, bukan bernyanyi. Pastikan kamu mandi dengan benar supaya mandimu bersih. 

Itu adalah beberapa tips kalau kalian mau bernyanyi sambil mandi di kamar mandi.

Tidak ada yang salah dengan mandi sambil bernyanyi. Lagipula, bernyanyi punya manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mengurangi Stres

Saat bernyanyi, tubuh akan menghasilkan hormon oksitosin yang berfungsi untuk menekan tingkat stres dalam tubuh. Selain itu, hormon kortisol juga akan berkurang.

2. Meningkatkan Imunitas

Siapa yang menyangka kalau hanya dengan bernyanyi akan membuat sistem imun semakin kuat. Hormon kortisol yang berkurang akan membuat daya tahan tubuh semakin kuat. Bernyanyi juga berfungsi sebagai antinyeri yang membuat tubuh bisa melawan berbagai serangan penyakit. 

3. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Bernyanyi akan membuat otak menjadi aktif dan itu bisa menurunkan resiko penyakit alzheimer dan demensia bagi lansia. Dengan bernyanyi, fungsi kognitif otak akan meningkat dan terlatih. Ini akan meningkatkan daya ingat seseorang.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Pernafasan kita akan secara otomatis terasah saat bernyanyi. Hal ini membuat sirkulasi darah ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar dan membuat kesehatan jantung dan paru-paru menjadi lebih baik.

5. Rasa Senang dan Anti Kesepian

Rasa senang bisa kita dapatkan ketika tubuh memproduksi hormon endorphin. Saat bernyanyi, hormon ini akan diproduksi secara otomatis. Itu sebabnya kita lebih terhibur saat bernyanyi. Kita juga akan terhindar dari rasa sepi karena rasa senang tadi. Selain itu, peran hormon oksitosin juga penting dalam membangun rasa percaya diri.

Begitulah...
Jadi tidak masalah bernyanyi di kamar mandi. Lagipula, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Bernyanyilah sebelum bernyanyi di kamar mandi dilarang. Siapa juga yang mau melarang? Entahlah, siapa yang tahu kalau di masa depan lama-lama ada orang gabut membuat aturan. Biasanya saking gabutnya orang jadi suka bikin yang nyeleneh. Kuy nyanyi! 

Posting Komentar

Copyright © 2020

ADITTP.com