Review Lensa 7artisans 50mm F1.8 EOS M, Harga Hemat, Hasil Mantap!




Akhirnya punya kamera juga, walaupun cuma kamera bekas keluaran tahun 2014 kalau tidak salah. Aku beli Canon EOS M10 lewat online di tokonya Mas Indra Prihantoro. Itu lho, yang sering review kamera di Youtube. Nama tokonya Kamera Mbantul.
Alasanku membeli kamera ini adalah karena menyesuaikan dengan budget yang cuma 5 juta. Dengan budget yang ada, aku ingin beli kamera dan beli satu lensa fix. Jadi, aku punya dua pilihan lensa yang bisa ku pakai sesuai kehendak. Awalnya aku bingung, mau ambil Fujifilm XA-5 BO (body only) atau Canon EOS M10 dengan lensa kit, yang keduanya sama-sama dipatok dengan harga Rp 3,5 juta. 

Dari segi fitur dan spesifikasi, memang Fujifilm XA-5 lebih unggul dibanding Canon EOS M10. Tapi yang ku pertimbangkan adalah, kalau aku ambil XA-5, aku cuma punya satu lensa fix yang akan ku beli setelahnya. Tapi kalau ambil M10, maka aku akan punya dua lensa, yaitu lensa kit dan lensa fix. 

Melihat jomplangnya spesifikasi yang masih bisa ku maklumi, akhirnya aku ambil Canon EOS M10 dengan alasan bisa punya dua lensa dengan uang tidak sampai 5 juta.

Kebingungan selanjutnya adalah memilih lensa fix 35mm atau 50mm. Tapi akhirnya aku pilih 50mm saja supaya bisa mengambil foto close up dari jarak yang tidak terlalu dekat. Lensa 7artisans 50mm F1.8 lah yang jadi pilihanku yang juga cocok dengan harganya yang miring.

Aku beli di Tokopedia dengan harga Rp 800 ribuan saja. Meskipun sedang ada PSBB akibat pandemi, ternyata tidak menggannggu pengiriman. Aku hanya menunggu 3 hari untuk pengiriman dari Jakarta - Kebumen. Berikut adalah pengalamanku memakai lensa fix 7artisans 50mm F1.8 untuk Canon EOS M.

Dalam Kotak




Kotaknya berbentuk kotak. WKWKWK.
Warnanya hitam membuatnya terlihat lumayan premium tapi menurutku jadi seperti kotak jam tangan sih. Di dalamnya, ada kertas panduan, kartu garansi, silica gel, dan juga lensanya tentunya.




Aku kira dalam paket pembelian bakal dapat kain pembersih dan juga filter protector dan UV kayak merk sebelah direntang harga yang sama, ternyata nggak ada. Sedih.

Untuk spesifikasinya, silakan lihat pada gambar di bawah saja ya.




Build Quality








Lensa ini terbuat dari bahan logam, aku nggak tahu ya jenis logamnya apa. Tapi lensanya kokoh dan seperti terlihat seperti lensa yang tidak murah. Apalagi kalau dibandingkan dengan lensa yang terbuat dari plastik. Fokus ring-nya juga enak diputar begitu pun ring aperture-nya. Enak banget diputar tapi jangan dijilat terus dicelupin ya, soalnya ini lensa, bukan oreo. Saat diputar, baik ring fokus atau aperture-nya tidak menimbulkan suara. Jadi aman kalau dipakai untuk merekam video, nggak berisik.

Hasil Foto

Berikut adalah beberapa foto hasil menggunakan lensa 7artisans 50mm F1.8 dengan Canon EOS M10. Monggo dilihat dan nilai saja sendiri.

Namanya Suko, yang dulu cita-citanya mau ngurusin badan.



Anak orang, nggak tahu siapa namanya.

Kang cendol dawet seger, piro? Lima ngatusan, nggak pake ketan, Lo lo lo lo yaa!.

Masih Suko, dengan asap jerami bakar.

Ini apa? Kok lucu.

Jeruk depan rumah.



Bagaimana? Lumayan bisa diandalkan bukan? Kalau menurutku sih sudah bagus sih lensanya apalagi kalau cuma buat sekedar untuk mengisi feed di sosial media.

Tapi karena lensa ini adalah lensa manual, maka kita juga harus jeli melihat fokusnya sudah pas atau belum. Kalau kurang pas, hasilnya jadi kurang tajam, contohnya seperti beberapa foto ini.





Untuk meminimalisir terjadinya foto kurang fokus, kita bisa mengaktifkan fitur focus peak pada pengaturan kamera.

Kesimpulan

Dengan harga cuma Rp 800 ribuan, lensa ini sudah bisa menghasilkan foto yang baik. Lensa ini cocok untuk sekedar foto-foto portrait. Bokeh yang dihasilkan pun bagus apalagi lensa ini punya 12 aperture blades. Tapi kalau mau lebih bokeh lagi, jangan ambil yang F1.8, cari saja yang F1.1, F1.4, atau F1.7, terserah sih. Selain itu build quality lensanya juga baik juga ring-nya tidak berisik saat diputar.

Kelebihan lainnya adalah kita mendapatkan garansi satu tahun dari pembelian PT. Bintang Mas Permai Utama. Tapi nggak tahu juga sih yang lain, jadi kalau mau beli lensa kalau bisa yang menyediakan garansi.

Kekurangannya, dalam pembelian tidak disertakan kain pembersih dan filter protektor. Jadi kan mau nggak mau harus keluar duit lagi buat beli filternya biar lensanya terjaga.

0 Comments

Posting Komentar