Blogger Pro, Aplikasi Untuk Ngeblog Lewat Smartphone. Pengguna Blogspot Masuk!

Akhirnya bisa ngeblog sambil rebahan juga huehehe.


Dulu dulu dulu sekali sebelum Sir Alex Ferguson memutuskan pensiun dari kursi kepelatihannya di Manchester United, terdapat sebuah platform blogging buatan orang Mr. Arvind Gupta. Ialah MyWapBlog.com yang kini telah tiada (situsnya, bukan orangnya).



MyWapBlog.com lah yang pertama kali mengenalkanku pada dunia blog. Dengan menggunakan Nokia Asha 200 dan segala keterbatasannya, aku mulai ngeblog. Di zamannya, blogger saat itu banyak yang membahas tentang game ponsel java dan symbian serta tutorial-tutorial lain. Menyenangkan sekali saat itu.

Seiring berjalannya waktu, MyWapblog menghentikan segala layanannya dan meninggalkan pengguna setianya di Indonesia. Sedih sekali. Akhirnya, aku pun berhenti ngeblog sampai akhirnya aku menemukan kesibukan lain, yaitu pacaran sekolah.

Tidak terasa sudah empat kali bumi berevolusi mengelilingi matahari dan aku merasa ingin ngeblog lagi. Untungnya, di rumah ada laptop bekas hibah dari pamanku. Dan mendaftarlah aku di blogger.com sekaligus membeli domain TLD untuk yang pertama kalinya dalam sejarah. Ya nggak apa-apa, biarpun blogku isinya begini setidaknya aku tidak mau nama domainku jadi semakin panjang karena ada buntut .blogspot.com-nya.

Tapi ngeblog lewat laptop bikin badan terasa pegel, leher kaku, begitu juga dengan mata. Lalu iseng-iseng cari aplikasi blogger client supaya bisa ngeblog lewat hape. Dari sekian banyak aplikasi, eh nggak banyak ding, cuma ada beberapa saja. Akhirnya aku menemukan aplikasi Blogger Pro Free - The ultimate Blogger client. Namanya panjang banget dah. Tapi gapapa, aplikasi inilah yang kurasa paling baik diantara blogger client lainnya bahkan termasuk aplikasi Blogger resminya.


Aplikasi ini merupakan besutan Carlos Ferreira Mobile Apps dan bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Keberadaan aplikasi ini sangat membantuku untuk menulis postingan di blog. Apalagi gratis pula.

Fitur-fitur yang ditawarkan cukup lengkap diantaranya:

  • Material design
  • Format & align text
  • Bisa menambahkan banyak gamba di postingan maupun halaman
  • Membuat postingan, melihat postingan, dan menghapus postingan (ya iya, kalau nggak bisa buat apa, bambank?!)
  • Membuat halaman, melihat halaman, dan menghapus halaman
  • Melihat dan memoderasi komentar
  • Melihat statistik blog


Itu yang bisa kita lakukan di dalam aplikasi versi gratisnya. Sedangkan jika kita sudah meng-upgrade menjadi premium, ada beberapa fitur yang juga amat membantu dalam kegiatan ngeblog seperti:

  • Tanpa iklan
  • Update postingan terjadwal
  • Menambahkan lokasi di dalam postingan
  • Fitur editor lebih lengkap (Jenis font, ukuran font, tipe heading, warna teks, background teks)
  • Ada HTML editor juga


Kalau aku sih sudah meng-upgrade aplikasiku. Harganya cukup murah, cuma Rp 50.000,- sudah dapat fitur premium selamanya.

Berikut beberapa tampilan dari aplikasi Blogger Pro

Tampilan awal


Menulis postingan


Fitur editor teks dan gambar




Navigasi


Komentar dan Moderasi


Halaman


Premium 


Yaaaa begitulah. Tampilannya yang simpel dan fitur-fiturnya cukup berguna untuk menunjang kegiatan menulis postingan. Aku pun sering menggunakan aplikasi ini terutama saat gaya gravitasi di ranjang lebih besar daripada di tempat lain.

Selain itu, menulis lewat smartphone juga bisa lebih leluasa karena bisa ditulis di manapun termasuk ketika sedang jongkok di WC. Siapa yang menyangka ketika sedang jongkok, pikiran jadi lebih bisa fokus dan konsentrasi lalu datanglah inspirasi.

Aplikasi ini sangat cocok untuk kaum rebahan yang mageran tapi pikiran melayang ke mana-mana wkwk. Mau coba? Kalian bisa mengunduhnya di sini.

Meskipun menurutku ini yang terbaik di antara blogger client lain, tapi sayangnya masih ada yang harus dibenahi terutama ketika mengatur ukuran gambar pada postingan yang masih agak sulit. Sayangnya pada tampilan statistiknya masih sederhana sekali. Hanya ada tampilan pengunjung per minggu, bulan, dan tahun saja.

Begitu juga pada tampilan komentarnya yang menampilkan komentar dari yang terdahulu bukan dari yang terbaru. Kan kebalik ya? hehe

Semoga, seiring ombak menerjang batu karang, aplikasi ini bisa menjadi lebih baik lagi.

*tulisan berdasarkan pengalaman pribadi. huehehe.

30 komentar

  1. Ku juga pakai aplikasi ini buat ngeblog di hape. Memang dia yang paling oke dibanding yang lain

    BalasHapus
  2. Lama juga ga ngeblog dari hp. Duluuuuu aku pernah post dari hp, lupa nama aplikasinya saking lamanya,sekitar taun 2009. Memang kalo ngeblog dr hp leher suka pegel pegel,bahu juga. Pengennya malah rebahan dan akhirnya ga ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Akhirnya malaslah yang menang karena udah cape duluan.

      Hapus
  3. Pernah juga pake aplikasi ini tapi sekarang lebih memutuskan untuk ngeblog langsung lewat chrome aja. Untuk nulisnya pake bantuan aplikasi google doc. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga awalnya begitu mba, tapi ternyata aku ngerasa lebih nyaman pake blogger client. Wkwk

      Hapus
  4. Saya sama persis kyk mbak siska, nulisnya di google doc lalu pas posting buka chrome masuk dashboard blogger. Heuheuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah banyak juga yang pake Google doc ya, tapi emang sih, google doc lebih membantu daripada aplikasi resminya menurutku 🤣

      Hapus
  5. Ia lebih kece ini ya ketimbang bawaan blogger nya.. Bawaan blogger kmrn update kan tapi ttp masih susah buat macem2in. Solusinya buka blogger. Com nya di mobile web tp sebelumnya udah nulis di apps word /noted

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, fitur aplikasi resminya masih sangat terbatas.

      Hapus
  6. Saya pernah pake yang bawaan bloggernya. Ampun lah nggak user friendly kayak platform sebelah. Akhirnya saya pake chrome. Nulisnya via gdoc. Thanks infonya, btw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, setuju. Aplikasi bawaannya seperti tidak diperhatikan sama Google. Jarang banget ada update. Platform sebelah memang lebih keren dari segala fitur dan tampilannya.

      Hapus
  7. Dulu sempet ada aplikasi bawaan resmi dari Blogger, tapi kayaknya udah ditarik. Ada buat Android sama iOS, dulu sempet pake.

    Tadi gue coba cari aplikasi ini di iOS tapi nggak ada euy :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu pas pake iOS aku pake aplikasi bloggger client juga. Fiturnya lengkap malah lebih bagus menurutku. Tapi lupa namanya soalnya udah ngga pake iOS lagi.

      Hapus
  8. Patut di coba ini sementara saya juga pake PC kdang laptop, di hape cuma nulisnya, semoga juga tidak ribet kalau fersi hape hehe

    BalasHapus
  9. Wah, terima kasih. Saya buka blogger di browser dong karena ngerasa mobile blogger kurang lengkap fiturnya. Bakal coba aplikasi ini deh.

    BalasHapus
  10. Gw malah baru tau ada aplikasi beginian. Biasa nulis pake laptop sih. Lebih gede juga daripada nulis di hp. Tapi ya itu, kalo lagi males buka laptop akhirnya malah gegoleran dan gak ngeblog, wkwkwkwk

    btw, salam kenal

    BalasHapus
  11. Halo, salam kenal Mas.
    aku langsung download loh apps nya. thanks banget ya infonya, jadi bisa ngeblog kapanpun inspirasi menyapa hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mba,
      Wah, semoga bisa bermanfaat Mba hehehe.

      Hapus
  12. aplikasi blogger ini banyak, dulu aku pernah pakai ini, tapi sekarang kalo di hp langsung di browser.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo aku rada susah kalo langsung di browser makanya pake aplikasi wkwk

      Hapus
  13. Saya juag lebih nyaman ngeblog pakai smartphone. Pakai laptop kalau mau ngedit tema atau lagi pengen aja. Karena saya juga termasuk kaum yang suka rebahan😂

    BalasHapus
  14. saya sekarang pake yang aplikasi resmi blogger, tapi tidak selengkap ini. saya mau coba juga hehe

    BalasHapus
  15. Saya selalu salut sama orang yang bisa ngeblog lewat hape. Dulu pernah nyoba nulis lewat hape kebanyakan typonya, akhirnya hape dipake buat baca-baca referensi aja.

    Btw keren euy tampilan blognya, salam kenal y!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya Mas, rawan banget typo kalau lewat hape.

      Terimakasih, salam kenal juga Mas.

      Hapus


EmoticonEmoticon