Samsung Galaxy A10 dan M10, Mana Yang Terbaik?


Beberapa waktu yang lalu, Samsung merilis smartphone seri terbarunya yakni seri M. Seri M yang pertama kali mendarat ke Indonesia adalah Samsung Galaxy M20 yang kemudian disusul dengan Galaxy M10. Kemudian, Samsung juga mendatangkan Galaxy A10 yang memiliki spesifikasi dan harga yang hampir sama dengan Galaxy M10. Keduanya merupakan varian terendah dari seri M dan seri A.

Baik Samsung Galaxy A10 dan Samsung Galaxy M10 berada di rentang harga Rp 1,5 - 1,6 jutaan di berbagai situs belanja online. Hal itu kadang membuat orang bingung menjatuhkan pilihannya. Oleh karena itu, mari kita bandingkan mana yang lebih baik dari kedua ponsel entry-level ini.

Bodi dan Tampilan

Dari segi tampilan dan bodi, keduanya sangat mirip apalagi jika dilihat dari depan. Keduanya sama-sama mengusung layar dengan poni kecil yang Samsung sebut sebagai Infinity-V Display. Dimensi keduanya juga sama yakni 155,6 x 75,6 mm. Jika kedua ponsel ini disandingkan bersama, mungkin orang-orang tidak bisa membedakan mana Galaxy A10 dan Galaxy M10. Layarnya sama-sama beresolusi 720 x 1520 piksel dengan aspek rasio 19:9.

Samsung Galaxy M10

Samsung Galaxy A10


Orang mungkin baru bisa membedakan ponsel ini setelah melihat bodi bagian belakangnya. Bodinya sama-sama terbuat dari plastik, peletakan speaker dan kamera yang sama. Perbedaan mencolok dari kedua ponsel ini adalah jumlah kameranya di mana Samsung Galaxy M10 sudah mengusung modul kamera ganda sedangkan A10 belum.

Perbedaan lainnya adalah jenis layar yang digunakan. A10 menggunakan layar IPS sedangkan M10 menggunakan PLS TFT. Bedanya apa? PLS merupakan layar yang dikembangkan oleh Samsung. Panel PLS sendiri sebenarnya sangat mirip dengan IPS, namun punya beberapa keuntungan tersendiri. Samsung mengklaim bahwa layar PLS memiliki tingkat kecerahan lebih hingga 10%, sudut pandang yang lebih luas, dengan biaya yang lebih murah hingga 15%.

Namun untuk kualitas gambar, IPS masih lebih unggul dibanding PLS. Meskipun begitu, mata kita tidak akan begitu memperhatikan perbedaan ini karena keduanya terlihat sama saja, kecuali jika kalian adalah seorang desainer grafis atau fotografer profesional yang sangat detail memperhatikan warna.

Perbedaan kecil lain yang tidak begitu terasa dalam penggunaannya sehari-hari:

  • Luas layar A10 6.2 inci, sedangkan M10 6.22 inci.
  • Ketebalan A10 7.9 mm, sedangkan M10 7.7 mm.
  • Berat A10 168 gram, sedangkan M10 163 gram.
  • Ketajaman layar A10 ~271ppi, sedangkan M10 ~270ppi


Jaringan

Perbedaan Galaxy A10 dengan Galaxy M10 di sektor jaringan adalah A10 menggunakan LTE Cat4 sementara M10 sudah LTE-A Cat6 yang menawarkan kecepatan yang lebih tinggi hingga 300Mbps.

Performa

Untuk urusan performa, Samsung Galaxy A10 ditenagai dengan chipset Exynos 7884 dengan CPU 8 inti (2x1.6 GHz Cortex-A73 & 6x1.35 GHz Cortex) dipadukan dengan GPU Mali-G71 MP2. Sementara itu, Samsung Galaxy M10 disenjatai dengan chipset Exynos 7870 dengan CPU 8 inti 1.6 GHz Cortex-A53 dipadukan dengan GPU Mali-T830 MP1.

Berdasarkan komparasi antara Exynos 7884 dengan Exynos 7870 yang dilansir di laman versus.com, Exynos 7884 lebih unggul dibanding Exynos 7870. Exynos 7884 sudah menggunakan teknologi Big.LITTLE, yaitu sebuah chip yang dapat beralih di antara dua set core prosesor untuk memaksimalkan kinerja dan daya tahan baterai. Misalnya, ketika memainkan game core yang lebih kuat akan digunakan untuk meningkatkan kinerja, sedangkan memeriksa email akan menggunakan core kurang kuat untuk memaksimalkan masa pakai baterai.

Sedangkan Exynos 7870 menggunakan teknologi HMP (Heterogen Multi-Processing), yaitu versi yang lebih canggih dari teknologi big.LITTLE. Dalam konfigurasi ini, prosesor dapat memanfaatkan semua core pada saat yang sama, atau hanya satu inti untuk tugas-intensitas rendah. Hal ini dapat memberikan kinerja yang kuat atau meningkatkan daya tahan baterai.

Performa A10 pada saat membuka aplikasi atau game berat memang lebih cepat dibanding dengan M10. Namun, pada saat membuka aplikasi ringan, M10 lebih cepat. Selain itu, M10 juga lebih unggul pada saat menjalankan multitasking pindah dari aplikasi ke aplikasi lain.

Storage dan RAM 

Galaxy A10 lebih unggul dengan penyimpanan internal 32GB sedangkan Galaxy M10 hanya 16GB. Kedua RAM ponsel ini sama-sama 2GB. Keduanya memiliki slot microSD dengan tipe dedicated bukan hybrid. Jadi, kita tetap bisa menggunakan dual SIM tanpa mengorbankan slot SIM 2.

Sistem Operasi

OneUI Samsung


Pada saat pertama kali diluncurkan, Samsung Galaxy A10 sudah dibekali dengan OneUI berbasis Android 9.0 Pie sedangkan Samsung Galaxy M10 masih menggunakan Samsung Experience berbasis Android 8.1 Oreo. Namun belakangan, Galaxy M10 sudah mendapatkan upgrade ke Android 9.0 Pie lengkap dengan OneUI khas Samsung kekinian.

Kamera

Sektor kamera menjadi hal yang vital di era serba digital ini. Nah, untuk memanjakan penggunanya, Samsung Galaxy M10 sudah dibekali dengan set-up dual kamera beresolusi 13MP dengan bukaan aperture f/1.9 dilengkapi dengan lensa wide beresolusi 5MP. Sementara Galaxy A10 masih menggunakan single kamera beresolusi 13MP dengan bukaan aperture f/1.9 juga. Untuk selfie, keduanya sama-sama memiliki kamera depan beresolusi 5MP.

Konektivitas

Kedua ponsel ini memiliki konektivitas yang hampir sama.
Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, FM Radio, microUSB 2.0, port 3.5mm jack. Yang membedakan A10 dengan M10 adalah pada versi Bluetooth-nya. A10 sudah dibekali dengan Bluetooth versi 5.0, sedangkan M10 masih menggunakan Bluetooth 4.2. Hadirnya Bluetooth 5.0 pada A10 membuat transfer data lebih cepat, stabil, dan lebih hemat daya.

Perbedaan selanjutnya, hadir pada GPS. Samsung Galaxy A10 dilengkapi dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS sementara Galaxy M10 tanpa GALILEO.

Baterai

Keduanya memiliki tipe dan kapasitas baterai yang sama yakni 3.400 mAh.

Keamanan

Ponsel ini sama-sama belum memiliki sensor fingerprint, namun sudah memiliki face unlock. Dengan begini, kita tidak perlu lagi repot-repot menggambar pola atau mengetikan PIN. Namun ini juga menjadi kendala bagi beberapa orang yang sudah terbiasa dengan fingerprint di mana mereka harus beralih ke face unlock.

Ketersediaan Warna

Samsung Galaxy A10 hadir dalam 4 varian warna yaitu Blue, Black, Red, dan Gold sementara Galaxy M10 hanya hadir dalam dua varian Ocean Blue dan Charcoal Black.

Mending Mana Samsung Galaxy A10 atau Samsung Galaxy M10?

Keduanya memiliki spesifikasi yang mirip, namun jika kalian ingin smartphone untuk berfoto-foto atau hanya untuk bermain sosial media, pilihlah Galaxy M10 karena sudah menggunakan dual kamera yang diharapkan punya fitur sedikit lebih banyak daripada Galaxy A10.

Namun jika kalian mencari smartphone untuk bermain game, butuh internal storage yang lebih besar, Galaxy A10 lebih cocok karena kemampuannya menangani aplikasi berat lebih baik dibanding Galaxy M10. Ya meskipun keduanya bisa diekspansi dengan microSD hingga 512GB, namun dengan internal storage yang lebih besar kita jadi bisa lebih banyak menginstal aplikasi.

Yang kurang dari kedua smartphone ini menurut saya adalah posisi loud speaker yang diletakkan pada bagian belakang bodi agak sedikit mengganggu kualitas audionya. Kecuali mau tidak mau kita harus membalikkan posisi smartphone dengan layar di bawah atau memutar audio menggunakan earphone.

2 komentar

  1. Wah kalau saya pribadi milihnya mau ke Xiaomi lagi hehehe, tapi makasih mas buat artikelnya. Bermanfaat

    BalasHapus


EmoticonEmoticon