Hanya Boleh Dibaca Oleh Kalian Yang Punya Otak!




Di dalam kepala manusia, terdapat organ yang paling vital peranannya dalam kelangsungan hidupnya. Otak, organ yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri lebih dari 100 juta neuron (sel saraf) yang dilindungi oleh sel glia.

Otak inilah yang punya tanggung jawab atas segala pengaturan di dalam seluruh tubuh dan pemikiran manusia. Seperti organ-organ yang lain, otak juga perlu dijaga kesehatannya.

Kesehatan otak kita juga tidak lepas dari apa kita lakukan dalam kesehariannya. Ada beberapa kebiasaan orang yang bisa jadi itu akan membuat otak kerdil bahkan rusak. Sebagai informasi, otak kerdil atau yang biasa disebut Brain Shrinkage merupakan menurunnya fungsi dan kinerja otak.

Umumnya, pengerdilan otak dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Namun tidak hanya orang dengan usia lanjut, otak kerdil juga bisa dialami oleh mereka yang masih muda bahkan diusia produktif sekalipun.

Penyakit alzheimer salah satu penyebabnya. Penyakit alzheimer ini akan membuat pengidapnya menjadi pelupa, namun bukan sekedar pelupa seperti tidak ingat nama anak orang, benda dan tempat lain. Orang yang mengidap alzheimer awalnya mulai kehilangan memori jangka pendek, kemudian lupa dengan masa lalunya, hingga lupa caranya makan, duduk, berjalan, bahkan beberapa kasus sampai lupa caranya bernapas.

Siapa yang menyangka kalau kebiasaan yang sepele ini dapat mencegah dan mengurangi kita dari pengerdilan dan kerusakan otak.

1. Sarapan Setiap Hari

pixabay/Pexels

Banyak orang yang sering mengabaikan kebiasaan sarapan di pagi hari. Beberapa alasannya adalah buru-buru dan belum ada makanan. Alasan klasik yang bisa berdampak besar bagi kelangsungan jangka panjang manusia. Tidak sarapan akan membuat kadar glukosa dalam darah berkurang. Jika kita kekurangan glukosa, hal ini akan berdampak negatif terhadap otak dan bisa menurunkan fungsi otak. Penelitian terhadap siswa sekolah juga menunjukkan bahwa anak yang selalu sarapan cenderung mendapat nilai lebih tinggi daripada yang tidak dalam mata pelajaran Sains.

2. Tidak Mengonsumsi Banyak Gula

pixabay/yoyolang

Bukan gula pasir dimakan mentah-mentah ya... Jika kita terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula, itu akan berefek pada otak bagian neurotropik. Bagian ini merupakan bagian yang berfungsi untuk memproduksi neuron yang berguna untuk menyimpan informasi ingatan jangka panjang dan proses pembelajaran. Jika kalian adalah orang yang gemar makan makanan manis, jangan sampai berlebihan ya.

3. Melatih Otak

pixabay/klimkin

Fungsi otak manusia perlahan menurun seiring bertambahnya usia. Umunya, otak manusia sedang dalam masa produktif pada usia 16-25 tahun. Untuk menjaga fungsi otak tetap terjaga, alangkah baiknya kita sering melatih otak. Beberapa caranya adalah dengan membaca, bermain game, memecahkan puzzle, bermain rubik dan kegiatan lainnya. Hal-hal sepele di atas dapat meningkatkan kemampuan otak secara signifikan lho!

4. Berkomunikasi Dengan Sesama

pixabay/StockSnap

Berkomunikasi adalah hal normal yang sering kita lakukan. Selain mempererat tali persaudaraan, berkomunikasi juga berguna untuk menjaga fungsi otak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Michigan, berkomunikasi selama 10 menit dapat meningkatkan kemampuan mental seseorang. Oleh karena itu, sempatkanlah diri untuk berbicara dengan orang lain. Jika kalian adalah orang yang super sibuk, sempatkanlah meskipun hanya melalui telepon atau video call.

5. Tidak Menutup Kepala Saat Tidur

unsplash/twinsfisch

Bahkan hal sesepele tidur pun bisa mempengaruhi fungsi otak. Menutup kepala saat tidur bisa membuat aliran oksigen ke otak menjadi terganggu. Hal ini bisa mengakibatkan udara yang kita hirup hanyalah karbon monoksida yang akan membuat kita pusing saat bangun karena kekurangan oksigen di otak. Selain itu, hal ini akan mengganggu fungsi otak jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Cukuplah tutup mata kalian saat tidur, kepalanya tidak usah. Hehehe.

Mari kita menjaga pola hidup kita karena hal yang terlihat sepele pun dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Posting Komentar