Dapatkan Lebih Banyak Pesanan, Jual Online di Blibli.com


Teknologi berkembang, kita juga harus ikut berkembang.

Saat ini kita sudah masuk ke dalam era digital di mana saat ini hampir semua hal bisa dilakukan selama ada koneksi internet. Belanja online adalah salah satunya. Bahkan, menurut Bank Indonesia, pada tahun 2018 kemarin diperkirakan ada 24,7 juta orang yang belanja online. Dari jumlah perkiraan itu, nilai transaksi diperkirakan mencapai Rp 144 triliun. Angka ini kemungkinan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu karena tren belanja online diprediksi akan terus meningkat hingga tahun 2030 mendatang.

Ada banyak faktor yang membuat orang lebih suka dan beralih dari belanja konvensional ke belanja online. Termasuk saya. Salah satu yang saya rasakan adalah kita bisa menghemat waktu dan tenaga, bisa dengan mudah membandingkan harga termurah, barang lebih lengkap, kemudahan pembayaran, hingga banyaknya promo yang tidak akan kita dapatkan ketika belanja di toko biasa. Dengan belanja online, saya tetap bisa mendapatkan barang yang diincar tanpa harus mengorbankan banyak waktu.

Tren belanja online yang terus naik, tentu saja ini bisa jadi ladang untuk meraih kesuksesan dengan jualan online. Memang saat ini sudah banyak sekali toko online yang bisa kita temukan. Mulai dari mereka yang berjualan melalui sosial media atau punya situs online shop sendiri.

Tambah Omzet dengan Blibli.com

Untuk kalian yang ingin mulai berjualan online, Blibli.com bisa jadi solusi yang tepat. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika dibandingkan dengan jualan online di sosial media saja. Salah satunya adalah kita tidak akan menemui calon pembeli yang CLBK (Chat Lama, Beli Kagak) dan terhindar dari pembeli PHP (Pemberi Harapan Palsu) yang katanya mau order tapi nggak transfer-transfer.

Melalui Blibli.com kita juga akan dipermudah karena kita tidak perlu menantikan bukti transfer, begitu pula dengan pembeli yang tidak perlu mengirim bukti transfer karena sudah terverifikasi secara otomatis. Lagipula Blibli.com merupakan salah satu situs e-commerce populer di Indonesia yang selalu dikunjungi oleh banyak online shopper dari seluruh penjuru negeri. Dengan begini, kita bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas dan mendapat trafik lebih banyak sehingga potensi penjualan akan naik.


Tidak hanya untuk yang mau atau baru akan memulai jualan online, Blibli.com juga cocok untuk para penjual barang online bahkan yang sudah punya toko online sendiri sekalipun. Hal ini bisa digunakan sebagai sarana ekspansi untuk meraih pelanggan lebih banyak lagi. Dengan ini, pembeli akan punya dua opsi, membeli di toko online sendiri dan membelinya lewat Blibli.com.

Mengapa Blibli.com?

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan berjualan di Blibli.com.

1. Keluasan Memilih Kategori

Blibli.com adalah e-commerce yang menjual banyak sekali produk. Oleh karena itu, pilihan kategorinya juga banyak. Ada 16 kategori belanja yang bisa kita sesuaikan dengan barang yang hendak kita jual.

  • Galeri Indonesia
  • BlibliMart
  • Handphone & Tablet
  • Olahraga & Aktivitas Luar Ruangan
  • Komputer & Laptop
  • Kamera
  • Mainan & Video Games
  • Peralatan Elektronik
  • Fashion Pria
  • Home & Living
  • Fashion Wanita
  • Ibu & Anak
  • Tiket & Voucher
  • Kesehatan & Kecantikan
  • Otomotif
  • Tour & Travel

Lengkap sekali bukan? Tinggal sesuaikan deh dengan barang apa yang akan dijual di Blibli.com

2. Gratis Foto Produk

Berjualan di Blibli tidak perlu repot-repot menghabiskan banyak tenaga untuk melakukan foto produk karena kita akan mendapatkan fasilitas foto produk secara gratis.

3. Gratis Kemasan

Selain gratis foto produk, kita juga akan mendapat fasilitas gratis kemasan untuk produk yang kita jual di Blibli.com. Dengan adanya fasilitas ini, kita tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk anggaran kemasan produk kita.

4. Pengiriman Gratis

Biaya pengiriman barang kita juga tidak perlu kita tanggung karena kita akan mendapat fasilitas pengiriman gratis seluruh Indonesia. Fasilitas ini hanya diperuntukkan untuk produk-produk reguler saja.

5. Kemudahan Proses Pengiriman

Blibli.com sudah bekerja sama dengan lebih dari 30 fasilitas logistik. Ini akan memudahkan kita pada saat akan mengirim produk.

6. Asuransi Pengiriman Produk

Sudah gratis, dapat asuransi pula. Fasilitas ini akan membuat kita tenang karena kita mendapat jaminan bahwa produk yang kita kirim aman.

7. Tersedia Layanan Merchant Care

Blibli juga menyediakan layanan call center untuk penjual yang memiliki kendala. Adanya layanan Merchant Care ini akan memudahkan kita pada saat kita berjualan di Blibli.com

8. Terdepan dalam Inovasi In Store

Ini adalah layanan khusus bagi merchant/penjual agar bisa menjual produk secara offline namun dengan fasilitas pembayaran online.

Itu adalah fasilitas yang sudah pasti akan kita dapatkan saat menjadi penjual untuk memudahkan kita dalam berjualan. Selain fasilitas tersebut, ada pula beberapa fasilitas tambahan lain untuk meningkatkan performa toko kita di Blibli.com. Fasilitas tambahan tersebut diantaranya:

1. BLIBLI University

Fasilitas ini digunakan untuk para penjual untuk menambah ilmu tentang berjualan online. Di dalamnya terdapat berbagai metode pembelajaran baru seperti tutorial, video, dan artikel untuk mengembangkan bisnis online kita.

2. Komunitas Blibli Seller

Kita bisa berdiskusi dengan penjual lain tentang bisnis online. Dengan bergabung ke komunitas, kita juga akna menambah koneksi, pengalaman, dan ilmu baru tentunya. Kita juga bisa sharing inspirasi dengan merchant lain.

Ada banyak orang yang semakin sukses berjualan online setelah mereka berjualan di Blibli.com.

Andrew & Bellina (Debellin Premium Cookware)


Jo Susanto (IT Galeri)


Johan Santoso (Bagus Mart)


Hanafi (Klik Baby Love)


Cara Jadi Merchant di Blibli.com


Sebelum memulai berjualan di Blibli.com, kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Cara mendaftarnya pun sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang begitu lama.

Langkah pertama adalah menuju halaman Merchant Corner. Kemudian klik Daftar Sebagai Penjual. Setelah itu, isi form yang ada dengan benar mengenai Informasi Akun, Informasi Toko, dan Informasi Administrasi. Dalam langkah pertama ini, kita juga harus menyiapkan dokumen untuk melengkapi isian form. Jika kita mendaftar merchant secara perorangan, maka kita hanya perlu menyiapkan KTP dan NPWP. Jika kita mendaftar sebagai merchant perusahaan, dokumen yang harus disiapkan yaitu KTP Direksi, NPWP Perusahaan, Akta Pendirian & SK Menteri Kehakiman, Akta Perubahan, SIUP, TDP, dan Surat Domisili.

Setelah semua terisi lengkap dan benar, selanjutnya data akan dicek oleh Blibli.com. Jika data sudah benar dan terverifikasi, Blibli akan mengirim kode OTP yang digunakan untuk aktivasi toko. Kode OTP ini merupakan tanda bahwa merchant setuju dengan Peraturan Kerja Sama dengan Blibli.com. Untuk lamanya waktu aktivasi toko, ada 2 tahap.
  1. Siap diperiksa: maks 2x24 jam hari kerja.
  2. Siap diaktifkan: maks 2x24 jam hari kerja.
Setelah toko diaktifkan, saatnya kita mulai mengunggah produk. Supaya produk yang diupload lebih cepat tampil, pastikan kita menggunakan data produk yang sudah ada. Kita bisa menambahkan produk satu per satu atau secara masal.

Produk-produk sudah ditambahkan, selanjutnya adalah menunggu pesanan yang diterima. Semua pesanan akan dikirim melalui surel dan SMS. Untuk menambah rating toko lebih bagus, sebaiknya respon pesanan dengan cepat dan sesuai pesanan yang kita terima.

Hal yang paling menyenangkan selanjutnya adalah menerima pembayaran. Pembayaran akan kita terima setelah barang diterima oleh pembeli. Pembayaran akan kita terima setiap seminggu sekali dan dikirimkan ke rekening yang kita cantumkan pada saat mendaftar.

Namun, supaya bisa sukses seperti beberapa contoh orang di atas, berjualan online bukan tentang mengunggah produk, melayani pesanan, dan terima pembayaran saja. Kita juga harus membuat pembeli merasa puas. Caranya adalah dengan memberikan pelayanan prima.

Menata Toko

Tampilan sebuah toko kita ibarat cerminan pemiliknya karena itu menjadi kesan bagi pengunjungnya. Oleh karena itu, sebaiknya kita menata tampilan toko kita supaya memudahkan calon pembeli seperti mengatur produk sesuai kategori, membuat kategori, promo, dan sebagainya.

Menyediakan Produk Berkualitas

Jualan online adalah tempat di mana orang hanya melihat foto barang, harga, dan deskripsi saja dan tertarik untuk membelinya. Jika ada pembeli yang merasa tertipu karena merasa barang yang tidak sesuai, maka ini akan membuat citra toko kita buruk. Sebaliknya, jika produk yang kita jual punya kualitas yang bagus, sesuai dengan apa yang digambarkan maka pembeli pun akan merasa puas.

Pengiriman Produk Cepat dan Tepat

Jangka waktu pengiriman juga menjadi aspek penting dalam berjualan online, karena pembeli pun ingin segera mendapatkan produk yang dibelinya. Selain pengiriman cepat, kita juga harus benar-benar mengirimkan pesanan yang sesuai, seperti warna, ukuran, dan sebagainya.

Jadi Pemilik Toko Yang Aktif

Kadang, meskipun kita sudah memberikan informasi di deskripsi produk, namun masih ada saja calon pembeli yang ragu dan ingin diyakinkan. Kemudian, calon pembeli akan mengajukan pertanyaan terkait dengan produk. Kita sebagai pemilik toko, hendaknya aktif menjawab pertanyaan dari calon pembeli supaya mereka yakin dan jadi checkout barang dari toko kita.

Rating Adalah Cermin

Contoh Rating Toko di Blibli.com

Jika pembeli merasa puas di toko kita, mereka akan memberikan rating dan review positif. Rating ini akan jadi patokan bagi para calon pembeli yang tertarik dengan produk yang kita jual. Karena kebanyakan, mereka akan melihat review dan rating toko kita sebelum membeli. Saya pun akan melihat review pelanggan yang lain dulu sebelum membeli barang. Jadi, kualitas toko kita akan tercermin dari rating yang kita dapatkan.

Penyebab Rating Toko Jelek

Berikut adalah beberapa hal yang bisa membuat pembeli memberikan rating jelek ke toko kita. Tidak hanya rating jelek, review yang diberikan juga jelek dan penuh dengan komplain pembeli.
Barang cacat. Sedih dan kecewa nggak sih, kalau kita menantikan barang yang sedang diinginkan namun setelah barangnya datang, kita malah dikecewakan dengan barang yang cacat/rusak. Barang cacat bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti packing yang tidak sesuai standar atau memang barang tersebut yang tidak berkualitas.
Barang tidak sesuai. Sering terjadi dari beberapa toko yang mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan keinginan pembeli. Misalnya kita membeli kaos berukuran M, namun yang kita dapat adalah kaos dengan ukuran S. Kan nggak pas ya? Tidak hanya ukuran, ketidaksesuaian warna barang yang diminta juga membuat pembeli kecewa. Apalagi kalau sampai menipu, di deskripsi yang tercantum begini, eh yang datang ternyata begitu.
Pengiriman lamban. Lambatnya pengiriman barang ke konsumen bisa disebabkan oleh beberapa hal, lambatnya pemrosesan barang oleh penjual dan keterlambatan dari pihak jasa pengirimannya. Namun tetap saja keduanya bisa membuat toko kita dipandang jelek oleh konsumen, karena konsumen adalah raja. Yang mereka mau adalah mendapatkan barang yang sudah dibeli dengan cepat dan aman.

Kesimpulannya, di era serba online ini kita perlu beradaptasi dengan teknologi untuk tetap muncul ke permukaan. Selain untuk keeksisan bisnis kita, hal ini juga peluang yang bagus untuk memperluas jaringan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dari mana saja lewat dunia digital ini. Baik kalian yang baru akan/punya rencana untuk jualan online maupun yang sudah malang melintang, Blibli.com bisa jadi sarana yang pas untuk menjaring lebih banyak trafik ke toko kita dan memperbesar peluang meningkatnya produk kita terjual lebih banyak. Selain karena Blibli.com adalah situs e-commerce yang populer di Indonesia, juga karena Blibli.com menyediakan fasilitas lengkap untuk para merchant. Bahkan kita juga akan dapat pelajaran dan ilmu tambahan untuk meningkatkan performa toko kita baik dari program yang diselenggarakan oleh Blibli maupun dengan berdiskusi dengan merchant lainnya lewat Komunitas Blibli Seller.
Kita juga harus tetap menjaga kepuasan pelanggan dan memperlakukan pelanggan adalah raja. Kita bisa bercermin dengan memposisikan diri sebagai pelanggan. Kita juga tidak senang jika mendapat pelayanan yang kurang memuaskan, begitu juga dengan orang lain. Semua orang ingin mendapatkan pelayanan yang baik dari segala aspek.

2 komentar

  1. Saya jg sesekali belanja online.. Cmn kdg sampenya rd lama ya.. Sama kadang ukuran rada ga sesuai gt...apalg kl beli ky pakaian ama sepatu sering ukuran ga sesuai... Tp ga pernah kapok tuh 😁 enaknya krn ga ujan dan panas aja... Ama lbh murah dn bnyk pilihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya Mba. Kadang menyebalkan kalau barang nggak sesuai. Saya pun begitu.

      Hapus


EmoticonEmoticon