Review Smartfren Super 4G Unlimited: Untung Saya Sabar...


Sudah sejak awal Agustus tahun lalu saya menggunakan Smartfren sebagai provider internet sehari-hari. Sejak awal saya sudah menggunakan paket Super 4G Unlimited.

Beberapa alasan saya menggunakan paket ini adalah:

1. Unlimited, Internetan Sepuasnya

Alasan pertama adalah karena ada tulisan 'unlimited'-nya. Ya, di dalam paket ini, Smartfren memberikan penggunanya akses internet tanpa dibatasi kuota. Hanya saja, Smartfren memberikan FUP sebesar 1GB/hari untuk paket Super 4G Unlimited Rp 65.000 per bulan dan 1,5GB/hari untuk paket Super 4G Unlimited Rp 100.000/bulan. Saya menggunakan yang 1GB/hari karena itu sudah cukup untuk keperluan internet saya. Selain akses internet unlimited, kita juga akan mendapatkan unlimited telepon sesama Smartfren menggunakan jaringan VoLTE.

2. Internet Kuota Bikin Kantong Jebol

Karena saya termasuk orang yang doyan internet, setiap hari saya bisa menghabiskan bergiga-giga kuota. Yang kebanyakan itu untuk streaming, entah itu YouTube, drama korea, musik, hingga film. Dan sebelum saya ganti provider, pengeluaran untuk internet jadi tidak menentu. Sebagai makhluk yang masih memendam jiwa kemiskinan, saya merasa tidak kuat kalau pakai internet kuota karena besar pasak daripada tiang.

3. Pakai Smartfren, Cukup 65 Ribu Tiap Bulan

Setelah pindah ke Smartfren, saya hanya mengeluarkan biaya tetap Rp 65.000 setiap bulan. Mau sebanyak atau sesering apapun saya terhubung ke internet, bayarnya tetap segitu-gitu saja. Dengan catatan kalau sudah melebihi FUP mau tidak mau harus tahan dengan kecepatan yang ada. Hiya hiya hiya.

4. Jaringan 4G Pasti Cepat

Smartfren hanya menyediakan jaringan 4G, harapannya saya bisa mendapatkan akses internet stabil dan cepat. Ya, itu harapannya. Walau terkadang apa yang kita harapkan tidak selalu berjalan lurus dengan kenyataan. Ngok!

Itulah alasan saya menggunakan Smartfren. Harus saya akui setelah sekian lama menggunakan Smartfren, saya harus ekstra sabar. Di tempat saya tinggal, jaringan 4G Smartfren sangatlah lelet. Terutama di siang hari saat jam istirahat, sore hari di waktu menjelang maghrib hingga waktu tidur tiba, dan hampir sepanjang hari lelet di hari-hari libur.

Menyebalkan itu, buka story, kirim gambar, terima gambar di WhatsApp kadang tidak bisa. Browsing pun lelet. Apalagi untuk scroll-scroll di feed Instagram. Kan kegiatan saya stalking mantan jadi terganggu.

Untung Saya Sabar...

Akhirnya, jaringan Smartfren di daerah saya mulai membaik meskipun harusnya bisa lebih baik lagi. Wkwkwk (Nuntut banget ya). Di daerah saya kini sudah terjamah 4G+ dari Smartfren. Sayangnya di rumah saya belum sepenuhnya ter-cover 4G+. Hanya di teras, ruang tamu, dan ruang tengah saja yang sudah 4G+. Kalau masuk kamar, dapur, toilet, masih 4G biasa. (Ketahuan suka bawa hape ke toilet nih.)

Kecepatan Internet Naik Setelah Hadirnya 4G+

Begitu jaringan sudah 4G+, kecepatan internet naik berkali-kali lipat. Berikut adalah hasil test kecepatan internet di jaringan 4G+ menggunakan aplikasi Speedtest by Ookla.


Compare Kecepatan 4G+ dan 4G

Saya kira, dengan masuknya 4G+ juga akan membuat kecepatan 4G-nya ikut meningkat. Tapi ternyata sama. Berikut adalah kecepatan internet di jaringan 4G.


Bisa dilihat, perbandingan yang begitu kontras bukan? Saya heran, kok bisa sejauh itu ya? Apakah ini hanya di tempat saya atau memang kecepatan internet 4G Smartfren mentok hanya di situ?

Kecepatan Setelah Melebihi FUP

Seperti yang sudah ditentukan, jika melebihi FUP yang ditentukan, maka kecepatan akan diturunkan menjadi 512KBps saja. Berikut hasil test-nya.


Wajarlah ya... Karena kita juga sudah menggunakan internet melebih batas wajar yang ditentukan.

SMS peringatan bahwa pemakaian internet sudah melebihi batas wajar.


Yang Saya Suka

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang saya suka dari paket Smartfren Super 4G Unlimited ini. Salah satunya, saya masih bisa streaming YouTube tanpa buffering meskipun sudah melewati batas FUP. Tidak cuma YouTube sih, iflix, VIU juga masih bisa. Dengan catatan, kualitas video yang diputar diturunkan ke paling rendah. Yaaa... itu cukuplah. Cukup pecah-pecah untuk dilihat.

Streaming lancar meski sudah melewati FUP


Karena itu, saya tetap betah menggunakan Smartfren hingga saat ini. Untuk YouTube, saya masih bisa memutar video dengan kualitas 240p. Lumayan lah, lumayan masih pecah kalau dilihat dengan mode landscape.

Bisa 240p, lumayan.


Untuk Main Game Bagaimana?

Saya bukan orang yang suka main game online. Namun tetangga saya yang suka main game Free Fire juga menggunakan Smartfren. Ya, dulu dia sih sering ngeluh soal jaringan, namun sekarang sudah tidak lagi.

Apakah Saya Puas?

Alhamdulillah, ini cukup untuk memenuhi kebutuhan saya internetan dan streaming. Lagipula, saya yakin Smartfren akan terus memperbaiki layanannya untuk memanjakan penggunanya. Apalagi dengan harga yang cukup terjangkau. Cuma Rp 65.000,- untuk FUP 1GB/hari dan Rp 100.000,- dengan FUP 1,5GB/hari. Mana ada coba provider yang menyediakan paket internet semurah ini?

Kesimpulannya, saya memilih paket ini karena saya termasuk orang yang boros kuota. Menggunakan smartfren, saya bisa menggunakan hingga 2GB per hari, padahal FUP-nya hanya 1GB.

Data usage saya bulan ini.


Nah, kalau kalian termasuk orang yang boros kuota seperti saya tapi ingin paket internet yang terjangkau, bisa coba Super 4G Unlimited. Tapi kalau kalian orang yang hemat kuota, sehari tidak sampai habis bergiga-giga, bisa dicoba paket Smartfren 4G Kuota. Kenapa saya rekomendasikan Smartfren, karena 4G-nya terbilang stabil, khususnya 4G+. Harganya juga termasuk terjangkau.

Keunggulan:

  • Internet stabil.
  • Kecepatan 4G+ terbilang cepat.
  • Jarang mengalami gangguan.


Kelemahannya: 

  • Tidak bisa digunakan di modem.
  • Kecepatan turun drastis setelah melebihi FUP.


Disclaimer:


  • Digunakan di smartphone Xiaomi Redmi 5.
  • Domisili saya di daerah Kebumen.
  • Review ini berdasarkan pengalaman pribadi, apa adanya, bukan promosi atau menjelek-jelekkan sebuah produk.
  • Kecepatan internet Smartfren mungkin berbeda tergantung tempat dan wilayah.

1 Komentar untuk "Review Smartfren Super 4G Unlimited: Untung Saya Sabar..."

  1. Dulu sy pernah pk smartfren tp yg pk modem yg bulanan kl gak salah 100 rb lah dahblama bgt sih.. Tp ya tadi itu kl udh melebihi ya mmg rada lelet yaah.. Akhirnya krn keseringan gitu ya sy bwrlalih ke yg lebih smart dan lebih friend... 😁😁

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel