Mau Menurunkan Berat Badan, Susahnya Minta Ampun. Malah Bertambah!

"Dit, perasaan aku sering olahraga, kok berat badanku nggak turun-turun ya? Malah naik", begitulah sepenggal curhatan Suko, teman sekaligus tetanggaku.

Temanku ini memang memiliki berat badan di atas rata-rata. Itu sebabnya beberapa waktu ini ia sedang rajin-rajinnya berolahraga untuk menurunkan berat badan. Kami ini teman sejak SD, dan kami saling melengkapi. Dia kelebihan berat badan dan aku kekurangan berat badan. Hiya hiya hiya...

Jogging beberapa hari yang lalu.


Kami biasa jogging di Alun-Alun dekat dengan tempat tinggal beberapa kali dalam sepekan. Setelah beberapa minggu, Suko mengecek berat badannya.

"Berapa Ko sekarang?", tanyaku.
"Berat, kamu takkan kuat", jawabnya. "99 kilo Dit".
Iya lah, aku takkan kuat, berat badanku saja cuma separuhnya.
"Sebelumnya berapa Ko?".
"97 Dit. Kok malah naik ya?", dia heran.

Yaaa, begitulah realita kehidupan pemirsa. Kadang yang kita inginkan belum tentu menjadi kenyataan. Njir, kok malah jadi kayak acara 'Terngehek-Ngehek'. Tapi begitulah pesan moralnya. Wkwk.

Terlepas dari itu, mengapa Suko yang sudah berolahraga dan berharap berat badannya turun malah bertambah? Mungkin, kalian juga ada yang mengalami kasus serupa? Hmm...

Ada beberapa hal yang membuat berat badan sulit turun, diantaranya:

Olahraga doang tapi nggak diet

Berolahraga memang menjadi cara yang bagus untuk menurunkan berat badan. Tapi ternyata, sebuah riset mengatakan bahwa meskipun kita sudah berolahraga tapi tidak diikuti dengan perubahan pola makan tidak akan memberikan perubahan berat badan yang signifikan bagi beberapa orang.

Bahkan, meskipun kita sudah melakukan olahraga ekstrim sekalipun, berat badan mungkin turun. Namun biasanya tidak akan melebihi dua kilogram tanpa diimbangi dengan perubahan pola makan. Apalagi beberapa orang malah makan lebih banyak setelah mereka berolahraga rutin.

Suko pun sebenarnya sudah sering aku peringatkan, "Ko, sepertinya kamu harus mengurangi porsi makanmu".
"Susah Dit", jawabnya. Nah ini dia biang masalahnya. Kadang juga sering aku bercandain, "Kamu habis olahraga turun 4 ons, tapi setelah makan naik 8 ons, Ko." Jadi intinya, untuk menurunkan berat badan, juga harus diimbangi dengan perubahan pola makan yang benar.

Diet sembarangan

Umumnya diet dilakukan untuk menjaga berat badan tetap ideal atau menurunkan berat badan. Namun jika kita melakukan sembarang diet tanpa pengetahuan, bisa jadi diet yang kita lakukan hanyalah hal yang sia-sia.

Bukannya berat badan turun, malah dapat masalah lain seperti gangguan kesehatan. Oleh karena itu, lakukan diet dengan benar yang sudah didasari dengan bukti-bukti ilmiah. Jangan lupa minta dampingan ahlinya dan jangan ragu untuk konsltasi dengan dokter.

Sering begadang

Kurang tidur bisa membuat orang kesulitan menurunkan berat badan. Bahkan sering begadang malah akan meningkatkan resiko diabetes dan obesitas. Hal itu dikarenakan begadang bisa akan mengakibatkan terganggunya kemampuan tubuh dalam mengelola rasa lapar. Jadi rasanya ingin makan terus.

Padahal Bang Haji Rhoma Irama sudah berpesan pada kita supaya jangan begadang. "Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya", bagaimana? Tulisanku merdu kan?

Pola tidur yang ideal orang dewasa berusia 18-65 tahun menurut National Sleep Foundation adalah 7-9 jam setiap malam.


Sering mengonsumsi minuman manis

'Apapun makanannya, minumnya... air putih saja.' Jangan seperti iklan dong, karena sering minum minuman bergula bisa menyebabkan berat badan sulit turun bahkan bisa jadi naik.

Biasanya, minuman manis punya kadar kalori yang tinggi. Selain itu, minuman manis ini tidak begitu mengenyangkan dan bisa memberikan jumlah energi yang cukup bagi tubuh. Beda dengan makanan berkalori, minuman bergula ini sering membuat kita tidak sadar kalau kita sudah minum dalam jumlah yang banyak.

Makanya, buat yang ingin menurunkan berat badan, kurangi minuman manis ya... Selain itu, minuman bergula juga meningkatkan resiko diabetes. Ingat, diabetes itu pembunuh nomor 3 di dunia. Ngeri...

Minuman beralkohol

Jika kalian adalah orang yang gemar minum minuman beralkohol, kurangi deh. Karena biasanya di dalam kandungan minuman tersebut punya kalori yang sangat tinggi juga. Berdasarkan penelitian, minum 4 gelas bir di malam hari dapat meningkatkan asupan kalori harian hingga 612 kalori.

Jadi, kalau mau menurunkan berat badan, kurangi deh. Kalau saran saya pribadi sih, nggak usah minuman beralkohol. Wkwkwk.


Pikiran stres

Bagi beberapa orang, stres membuat nafsu makan meningkat. Walaupun beberapa orang ada juga yang kehilangan nafsu makan saat mengalami stres. Kalau kamu tipe orang yang pertama, itu mungkin bisa jadi alasan kenapa berat badanmu tidak kunjung turun juga.

Jadi, alangkah baiknya jika kita bisa mengendalikan diri dan menjaga pikiran supaya tidak stres. Yaaaa, untuk siapa saja, stres memang tidak baik ya kan?

Nah, itulah beberapa faktor yang membuat berat badan tidak kunjung turun. Semoga dengan mengerti sebab-sebabnya, kini Suko dan kalian yang ingin menurunkan berat badan bisa segera terwujud.

1 komentar

  1. Yap bener banget, yang keluar kalorinya cuma 200an eh sekali makan masuk sampe 1000 kalori, jadi ya sama aja boong hehehe.

    BalasHapus


EmoticonEmoticon