Kacang Tanah, Si Baik Yang Sering Dijahatin


Apa iya kacang bisa bikin muka berjerawat? Kata siapa? Saya sih agak tidak begitu percaya dengan pernyataan yang mengatakan kacang bikin jerawatan. Apalagi beberapa makhluk yang mengatasnamakan diri mereka sebagai cewek banyak yang enggan mengonsumsi kacang tanah karena takut berjerawat.



Hei, kalian para pemuda-pemudi, katanya jerawat itu tandanya ada yang rindu? Gimana sih? Berarti semakin banyak jerawat itu ekuivalen dengan banyak yang rindu juga. Jadi, janganlah kalian mengkambing hitamkan kacang sebagai pelaku atas jerawat yang kamu derita. Salahkan dia yang merindukanmu. Kasihan kacang, dia sudah terlalu sering dituduh lupa sama kulitnya. Sekarang kalian tuduh sebagai penyebab jerawat? Dasar tidak berperi kekacangan.

Nah, untuk membuktikkan apakah kacang menyebabkan jerawat, simak tulisan di bawah ini.

Dor! (Kaget nggak?)

Masih Jadi Perdebatan Para Ahli


Sebenarnya hal ini masih menjadi perdebatan para ahli, ada yang mengatakan bikin berjerawat, ada juga yang tidak. Ah dasar manusia, sukanya debat melulu. Namun saya sebagai manusia yang sering mengonsumsi kacang dalam jumlah banyak dan saya tidak juga jerawatan, maka saya setuju dengan ahli yang berpendapat bahwa kacang tidak bikin jerawatan. Penelitian yang mengatakan kacang tidak menimbulkan jerawat dilakukan oleh American Academy of Dermatology dan The Journal of American Medical Assosiation.

Kacang Mengandung Bayi Banyak Lemak

Wajar kalau banyak orang berasumsi kacang dapat menyebabkan jerawat. Itu karena banyaknya lemak yang terkandung di dalamnya. Namun perlu diketahui juga kalau lemak yang terkandung di dalam kacang adalah lemak tak jenuh. Lemak ini termasuk ke dalam lemak baik dan punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Ada Kalanya Kacang Jadi Jahat

Meskipun kacang mengandung banyak lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan, namun tidak selamanya begitu. Kacang bisa jadi mengandung lemak jahat karena salah pergaulan. Salah satunya adalah kacang yang diolah dengan cara digoreng. Hal ini bisa terjadi karena minyak yang digunakan untuk menggoreng mengandung banyak lemak jahat, jadi lemak baiknya ketularan jadi jahat. Makanya untuk para orangtua, didiklah anak supaya tidak bergaul dengan orang jahat karena si anak bisa terpengaruh.

Nah, kacang inilah yang bisa menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, makanlah kacang yang diolah dengan cara dipanggang atau direbus, karena mengandung lemak tak jenuh dan tidak membuat wajah berjerawat. Atau kalau kamu tidak ada yang merindukan, boleh juga makan kacang goreng. Nanti setelah ada jerawat yang tumbuh, berarti ada orang yang merindukanmu.

Manfaat Kacang

Meskipun kacang ini sering kalian tuduh sebagai penyebab jerawat dan lupa pada kulitnya, nyatanya kacang ini baik. Meskipun dijahatin, dia tetap memberikan banyak kebaikan dan manfaat kepada umat manusia yang penuh dosa ini. Btw, sebenarnya kacang tidak pernah lupa pada kulitnya, dia hanya sudah move on. Kamu sudah move on belum?

1. Menjaga Tingkat Kolestrol

Kandungan mono asam lemak tak jenuh pada kacang ini mampu menjaga kadar kolesterol di tubuh. Ia akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan kata lain, kacang ini bisa mencegah dari risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Diabetes

Kacang tanah mengandung mangan yang berfungsi untuk menyerap kalsium dan lemak di tubuh dan mengatur kadar gula darah.

3. Menunda Penuaan Dini

Selain kaya akan lemak tak jenuh, kacang juga mengandung banyak vitamin E yang bagus untuk kulit dan mencegah kerutan pada kulit. Kacang juga mengandung riboflavin dan vitamin B yang bisa membuat kulit cerah bersinar.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Kacang adalah sumber asam p-coumaric yang bisa mengurangi risiko kanker perut. Hebatnya lagi, kacang bisa mengurangi risiko kanker usus hingga 40% pada perempuan. Kenapa hanya perempuan? Entahlah, mungkin karena perempuan itu spesial. Hehehe

5. Mengurangi Risiko Batu Empedu

Kacang dipercaya bisa mengurangi risiko batu empedu dan mencegah risiko infeksi kantung empedu dan hati hingga 50%.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Kandungan vitamin E pada kacang mampu mengurangi rambut yang menipis dan memperlancar sirkulasi darah di area kepala. Sedangkan asam omega 3 pada kacang dapat menumbuhkan rambut yang sehat dan kuat.

Ada banyak sekali manfaat dari kacang meskipun bentuknya yang mungil. Jadi, masih enggan mengonsumsi kacang? Makanlah kacang sebelum kamu dikacangin.



11 komentar

  1. Nasib kacang, selain dianggap sebagai penyebab jerawat, kacang yang lupa kulitnya juga tidak baik, pun sama tidak enaknya ketika dikacangin. Nasibmu, kacang.

    BalasHapus
  2. Orang awam banyak menganggap kacang tanah bikin sakit ini itu. Ya, kan kalau mengkonsumsi secara berlebihan bakal menyebabkan sakit. Apalagi yang sudah memiliki penyakit jadi mudah dipicu dengan kehadiran kacang tanah.

    BalasHapus
  3. wah saya baru tahu kacang bisa menghambat penuaan dini, harus rajin-rajin nih makan kacang biar awet muda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya Mas, bisa menurunkan risiko jantung juga

      Hapus
  4. kalo aku tetep suka kacang mas , tapi paling ngga suka dikacangin..
    hahaha
    aku pernah makan kacang stengah kilo sehari buahananaan abis itu si kukul nongol dimana-mana, ditambah men to the creet
    tapi kalo makan nya beraturan ya aman aman saja...
    semua yang berlebihan ndak baik hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, jangan banyak-banyak makanya mas. Saya sering makan setengah kilo kok aman-aman saja ya, kacang rebus tapi. Kalo barusan bakan seperempat toples kacang dipanggang

      Hapus


EmoticonEmoticon