ASUS Zenfone Max M2, Performa Mantap Gak Cuma Buat Gaming - ADITTP.com

ASUS Zenfone Max M2, Performa Mantap Gak Cuma Buat Gaming

Tampilan Zenfone Max M2/lowyat.net


ASUS belum lama ini merilis smartphone terbarunya, Zenfone Max Pro M2 yang merupakan calon suksesor kakak kandungnya si Zenfone Max Pro M1. Bersamaan dengan itu, ASUS juga merilis Zenfone Max M2 yang juga ditujukan untuk para penggemar game mobile. Namun siapa Zenfone Max M2 ini? Apakah dia sepupunya Zenfone Max Pro M2? Ataukah dia keponakannya Zenfone Max Pro M2? Hmm...

Ah, tidak penting memikirkan itu. Yang penting adalah apakah Zenfone Max M2 patut disebut sebagai #NextGenerationGaming? Apalagi dengan spesifikasinya yang berada di bawah Zenfone Max Pro M2. Supaya lebih jelasnya, yuk simak ulasan spesifikasinya di bawah ini.

1. Bodi

Dimulai dari bodi karena itu yang pertama kali terlihat, Zenfone Max M2 menggunakan desain metal yang membuat ponsel ini terasa kokoh dalam genggaman. Berbobot 160 gram dengan ketebalan 7,7mm saja, jadi semakin mantap. Tombol volume berada di bagian kanan smartphone lalu di bawahnya adalah tombol power. Port USB konektornya diletakkan di bagian bawah smartphone bersebelahan dengan lubang speaker dan mic. Sementara itu, port audio jack 3,5mm-nya diletakkan di bagian atas. Peletakkan sensor fingerprint-nya berada di bagian belakang bodi seperti Zenfone Max Pro M1 ataupun Zenfone Max Pro M2.


2. Layar


Layar Zenfone Max M2 berukuran 6.3 inci dengan notch dengan resolusi HD+ (1.520 x 720). Layarnya ini sangat nyaman saat digunakan untuk bermain game atau menonton video, apalagi rasio screen-to-body ponsel ini mencapai 88%. Tak hanya sampai di situ saja, Zenfone Max M2 sudah menggunakan 2.5D curved glass.

3. Performa

Sebagai smartphone yang ditujukan untuk pecinta game mobile, performa jelas penting untuk kelancaran dan kenyamanan saat bermain game. Itu sebabnya ASUS membekali Zenfone Max M2 dengan SoC Qualcomm Snapdragon 632 dengan fabrikasi 14nm, Octa-core 64bit. Snapdragon 632 merupakan update dari versi sebelumnya yakni 625 dan 626. Sementara GPU yang digunakan ialah Adreno 506.


Menggunakan Snapdragon 632, peningkatan terasa di performa yang meningkat hingga 40% dibanding Snapdragon 626 dan baterai menjadi lebih hemat. Nah, satu lagi. Berdasarkan informasi dari website resmi Qualcomm, Snapdragon 632 memang diciptakan sebagai Next-gen gaming, yang artinya dikhususkan untuk smartphone gaming kelas menengah. Hasilnya, Zenfone Max M2 mampu melibas semua game yang biasa menjadi favorit para gamers mobile. Performa Zenfone Max M2 bahkan lebih handal 1,75 kali dibandingkan Zenfone Max Pro M1. Hal itu dibuktikkan oleh salah satu Youtubers, TrendingTek yang menguji kemampuan gaming Zenfone Max M2. Berikut videonya.



Namanya juga #NextGenerationGaming, harus siap diajak bermain game apa saja dong.

4. RAM dan Storage


Zenfone Max M2 dibekali dengan dua varian RAM, yakni 3GB dengan internal storage 32GB dan 4GB internal storage 64GB. Tak perlu khawatir, jika masih kurang, kita bisa memeperluas kapasitas dengan microSD hingga 2TB. Zenfone Max M2 juga menggunakan triple slot, jadi tidak perlu mengorbankan slot SIM 2 jika mau menambah storage eksternal.

5. Sistem Operasi


ASUS tidak membawa Zen UI di Zenfone Max M2, melainkan menggunakan Stock Android berbasis Android Oreo. Itu menjadi salah satu kelebihan dari Zenfone Max M2 karena membuat tampilan UI-nya terlihat simpel dan lebih cepat. Kelebihan lainnya adalah Android Stok akan mendapat prioritas lebih saat adanya pembaruan. Dan saya yakin, tak lama lagi Zenfone Max M2 akan dapat update Android Pie 9.0 dan update lain dalam beberapa waktu ke depan.

6. Kamera

Meskipun digadang-gadang sebagai smartphone gaming, namun ASUS tidak melupakan sektor fotografi. Ya, itu hal yang penting mengingat perkembangan teknologi dan kebutuhan para generasi millenial.

Kamera belakang


Kamera belakang Zenfone Max M2 punya set-up kamera ganda dengan lensa utama beresolusi 13MP dengan bukaan lensa terbilang besar yaitu f/1.8. Dengan begitu, cahaya yang masuk ke dalam lensa jadi lebih banyak dan mampu menghasilkan foto yang lebih baik saat digunakan di kondisi low light. Sementara kamera keduanya beresolusi 2MP berfungsi sebagai depth-sensor. ASUS bahkan menyematkan fitur AI ke dalam Zenfone Max M2 yang bisa mendeteksi 13 scene diantaranya people, food, dog, cat, sunset, sky, green field, ocean, flower, plant, snow, stage, dan text.

Di modul kameranya, terdapat beberapa mode seperti Auto, Beauty, Potrait, Pro, HDR, Sports, Night, dan 9 jenis filter. Berikut adalah sampel foto Zenfone Max M2.

Youtube/Gonta Ganti Hape


Youtube/Gonta Ganti Hape


Bokeh Mode

Youtube/Gonta Ganti Hape


Youtube/Gonta Ganti Hape


Itu kalau untuk foto, perekaman video Zenfone Max M2 sudah bisa digunakan untuk merekam hingga resolusi 4K lho! Belum lagi, ponsel ini sudah mendukung fitur image stabilization untuk mengurangi goncangan saat digunakan untuk merekam.

Kamera Depan


Untuk keperluan selfie, Zenfone dibekali dengan kamera depan berukuran 8MP dengan aperture f/2.0. Terdapat juga fitur softlight LED Flash untuk mengambil foto dengan hasil yang lebih maksimal. Mode pada kamera depan terdiri dari Auto, Beauty, Sports, Night, dan 9 jenis filter.

7. Baterai


Seri Zenfone Max memang selalu hadir dengan kapasitas baterainya yang besar. Begitupun dengan Zenfone Max M2 ini yang hadir dengan kapasitas baterai 4.000mAh yang sudah support fast charging. Kapasitas baterai ini bisa bertahan hingga 2 hari pemakaian normal, dan ASUS mengklaim mampu bertahan untuk main game Garena Free Fire hingga 8 jam nonstop. Gokil. Pengisian dayanya juga terbilang cepat apalagi Zenfone Max M2 dibekali dengan adapter dengan output 5V 2A berdaya 10Watt.

8. SIM dan Jaringan


Sebagai smartphone kekinian, jaringan dan konektivitas Zenfone Max M2 terbilang lengkap. Sudah mendukung LTE Cat 6 yang mampu mencapai kecepatan download hingga 300Mbps dan Cat 5 untuk upload hingga kecepatan 75Mbps. Dukungan VoLTE dan VoWiFi juga tersedia di ponsel ini. Seperti yang tadi dijelaskan, Zenfone Max M2 sudah menggunakan triple slots. Jadi tidak perlu lagi pindah-pindah kartu SIM.

9. Warna


Zenfone Max M2 hadir dalam 3 varian warna yakni Midnight Black, Space Blue, dan Meteor Silver.

Kesimpulannya, dari spesifikasi yang ada pada Zenfone Max M2, ponsel ini memang dibuat untuk memanjakan para pecinta game mobile, namun juga tidak hanya mengandalkan kemampuan untuk gaming-nya saja. Bagian lain juga tetap diunggulkan seperti kameranya, jadi Zenfone Max M2 cocok juga digunakan untuk daily driver apalagi melihat harganya yang hanya 2 jutaan saja. Buat nge-game aja lanjay, apalagi cuma buat sehari-hari. Berikut adalah spesifikasi lengkapnya.




Spesifikasi ASUS Zenfone Max M2
JaringanGSM / WCDMA / FDD-LTE / TDD-LTE
LTELTE Cat 5 UL 75Mbps / Cat 6 DL 300Mbps (A, B version)
DC-HSPA+UL 5.76Mbps / DL 42Mbps
Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo)
ChipsetQualcomm Snapdragon 632 (14 nm)
CPUOcta-core (4x1.8 GHz Kryo 250 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 250 Silver)
GPUAdreno 506
Body
Dimensi158.4 x 76.3 x 7.7 mm (6.26 x 3.00 x 0.30 in)
Bobot160 gram
WarnaMidnight Black, Space Blue, Meteor Silver
Display
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran6.3 inches (~88% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~269 ppi density)
MultitouchYa
SensorsRear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
Memori
RAM3GB / 4GB
ROM32GB / 64GB
Card slotYa, hingga 2TB
Kamera
Belakang13 MP, f/1.8, 1.12┬Ám, PDAF

2 MP, depth sensor
FiturAI, HDR, LED Flash, panorama
Video4K UHD, 1080p, 720p, EIS
Depan8 MP
Comms
RadioFM Radio
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYa, A-GPS, GLONASS, BDS
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
LoudspeakersYa
3.5mm jackYa
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
Baterai
TipeNon-removable Li-Ion 4000 mAh
Rilis
DikenalkanDesember 2018
StatusTersedia, Desember 2018
Harga
3GB RAMRp 2.299.000
4GB RAMRp 2.699.000

KOMENTAR

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel