Begini 5 Ciri-ciri Orang Cerdas Menurut Islam


Orang yang cerdas punya kedudukan yang tinggi dalam Islam. Oleh karena itu, jadilah orang yang cerdas. Udah, gitu doang.

(ngok!)

Semua orang pasti ingin menjadi orang yang cerdas, punya anak yang cerdas pula. Iya dong, siapa juga yang mau jadi orang yang bodoh dan mudah dibodohi. Namun dalam Islam, cerdas bukan semata-mata orang yang punya nilai ijazah tinggi, IPK tinggi, keahlian dalam suatu bidang, atau menyandang gelar. Beginilah tanda-tanda orang yang cerdas menurut Islam.

1. Selalu mengingat kematian


Orang yang cerdas akan selalu mengingat kematian dan mempersiapkan bekal untuk kehidupannya di akhirat nanti, sehingga mampu menyeimbangkan kebutuhan dunia dan akhirat. Kebalikannya, orang yang tidak cerdas hanya akan mementingkan urusan duniawi dan mengejarnya mati-matian.

“Orang mukmin yang paling utama adalah orang yang paling baik akhlaknya. Orang yang cerdas adalah orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling baik dalam mempersiapkan bekal untuk menghadapi kehidupan setelah kematian. Mereka adalah orang-orang yang berakal.” (HR. Ibnu Majah)

2. Tidak menyia-nyiakan waktu


Orang yang cerdas tidak pernah menyia-nyiakan waktunya. Ia akan menggunakan setiap waktu yang dimiliki sebaik mungkin untuk kegiatan yang bermanfaat.

“Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara; masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kayamu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, dan masa hidupmu sebelum masa matimu.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrok no. 7846)

3. Bisa Mengendalikan Hawa Nafsu


Bisa mengendalikan hawa nafsu adalah salah satu ciri-ciri orang yang cerdas menurut Islam. Ia tidak akan lalai dan terjerumus untuk menuruti hawa nafsunya. Orang cerdas sadar bahwa ada hal yang lebih penting daripada menuruti hawa nafsunya, yaitu mempersiapkan kehidupan di akhirat.

”Orang yang cerdas adalah orang yang mampu menundukkan hawa nafsunya serta biasa beramal untuk bekal kehidupan setelah mati. Sebaliknya, orang yang lemah adalah orang yang memperturutkan hawa nafsunya, sementara dia berangan-angan kepada Allah”.  (HR. Ibnu Majah).

4. Selalu berpegang pada Al Quran


Sebagai orang Islam yang cerdas, ia tahu bahwa Al Quran adalah pedoman hidup yang akan membawanya ke dalam kebaikan baik di dunia dan akhirat.

“Allah menganugerahkan Al Hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. dan Barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak.
Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).” (Q.S Al-Baqarah 2: 269)

5. Senantiasa berada di jalan Allah


Orang cerdas akan selalu patuh dengan tuntunan Allah. Oleh karena itu, ia akan terus berjalan di jalan Allah dan mendapat berkah melimpah dan keberuntungan. Orang cerdas tahu bahwa Allah SWT Maha Benar dan Maha Memberi Petunjuk.

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS 16. An Nahl 125).

Ada ungkapan bahwa ita hidup di dunia ini ibarat sedang mempir minum sebentar. Sebagai orang Islam, kita paham bahwa dunia hanya sementara dan ada kehidupan kekal setelah ini, yaitu kehidupan akhirat. Oleh karena itu, jangan lupakan juga bekal untuk hidup di akhirat nanti.

Belum ada Komentar untuk "Begini 5 Ciri-ciri Orang Cerdas Menurut Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel