ADITTP.com: Blog Sekarepe Dewek

Blog pribadi yang berisi tentang apa saja yang ada di dunia dan sekitarnya. Berbagi apa saja sesuai dengan kehendak pemiliknya. Suka-suka saya.

Sabtu, 13 Oktober 2018

Alasan Kenapa Kamu Harus Ngeblog...


Blogging atau ngeblog merupakan aktivitas mengisi dan mengelola blog untuk dibagikan ke publik. Blog sendiri adalah kependekan dari weblog yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada akhir 1997. Menurutnya, weblog adalah sebutan untuk kelompok website pribadi yang selalu di-update secara berkala berisi berbagai hal menarik dilengkapi dengan komentar atau pendapat mereka sendiri. Seiring berjalannya waktu, blogging mulai digandrungi oleh banyak orang hingga sekarang.

Saya sendiri mulai mengenal blog di tahun 2012. Saat itu, saya belum tahu sama sekali dengan istilah blog, tahunya ya tahu bulat. Yang saya tahu itu kalau sebuah laman web ya situs atau website saja, bukan blog. Lama-lama kok saya penasaran bagaimana cara membuat website. Akhirnya saya cari-cari di google tentang "Cara membuat website" menggunakan ponsel jadul Nokia Asha 200.



Nokia Asha 200

Namun setelah baca-baca, wah ribet sekali pada saat itu karena saya cuma menggunakan ponsel. Perlahan saya kenal dengan yang namanya blog, dan saya berjumpa dengan salah satu penyedia blog yang mudah dikelola lewat ponsel yakni MyWapBlog.com


Di situlah blog pertama saya dengan alamat blog adittianprasetyo.mywapblog.com (sudah tidak bisa diakses), sungguh nama yang panjang soalnya saat itu saya kira alamat itu bisa diubah layaknya nama akun. Blog tersebut saya isi dengan konten-konten game khusus ponsel java, link download lagu, template mywapblog, cerita, dan hal-hal tidak jelas lainnya. Seiring berjalannya waktu, saya mulai menyatu dengan MyWapBlog.com. Di blog pertama saya, dulu saya ingat kontes blog pertama kali yang saya menangkan itu kontes membuat cerita unik dan saya dapat juara 2 dengan hadiah pulsa sebesar Rp.50.000,-. Alangkah senangnya saya saat itu dan semakin termotivasi untuk ngeblog.

Tidak puas dengan blog pertama dengan nama domain yang begitu panjang, saya membuat satu blog lagi berdomain idkpop.heck.in. Mengikuti tren saat itu sangat ramai blog download, idkpop.heck.in saya isi dengan link download lagu kpop dan video musiknya. Saya juga suka lagu-lagu korea jadi saya memposting lagu kpop secara up to date dengan perasaan senang. Setahun ngeblog, idkpop.heck.in sudah memiliki 1000 pengunjung per hari. Namun, di tengah kejayaan blog saya, ada masalah yang membuat saya frustasi untuk ngeblog. Ponsel yang biasa saya gunakan untuk ngeblog hilang dicuri orang, dan kegiatan ngeblog saya terhenti hingga saya punya ponsel baru.

Blog saya berhenti di-update selama hampir 8 bulan dan pengunjung mulai hilang, apalagi di luar sana banyak saingan blog download lainnya. Dan saya resmi berhenti ngeblog saat itu. Meninggalkan dunia blog, saya kembali jadi manusia normal layaknya murid sekolah pada umunya saat itu. Pernah mencoba menggunakan Blogger, namun saya merasa belum menemukan kecocokan antara kami berdua.

Lama hilang dari dunia blog, tahun 2016 saya mendengar kabar bahwa MyWapBlog.com tutup. Kok bisa? Saya lumayan kaget, untungnya tidak latah. Ya sudahlah, apa boleh buat. Padahal ada rencana ingin kembali setelah menemukan greget untuk kembali ngeblog di situ. Namun yang pasti, ada hal yang tidak boleh ditiru dari cerita ini, yaitu membuat blog download lagu, film, dan game ilegal. Itu tidak boleh dilakukan karena menyalahi Undang-Undang.

Waktu berlalu, akhirnya greget ngeblog saya datang di awal tahun 2018 ini. Apalagi semua perlengkapan ngeblog sudah terpenuhi. Saya daftar di blogger.com, dan langsung menggunakan domain TLD yakni adittp.com. Yaaaaaaah, walaupun isi blognya masih gak jelas seperti dulu, setidaknya tidak bikin blog download ilegal lagi.

Alasan saya ngeblog sebenarnya sederhana, ingin membagikan hal-hal yang saya suka dan harapan bisa berguna untuk orang lain juga. Daripada punya koneksi internet cuma buat swipe-swipe sosial media, dan hal kurang berfaedah lainnya kan? Ya mending buat ngeblog saja. Dan semenjak ngeblog baik di MyWapBlog maupun Blogger, saya mendapat banyak manfaat, diantaranya:

1. Menambah Wawasan


Menambah wawasan

Saat saya sedang menulis artikel di blog, saya lebih sering mencari referensi dan survey-survey di google sesuai apa yang hendak saya tuliskan. Secara otomatis, itu terekam dalam otak dan tidak langsung menambah wawasan saya.
Dulu, saya tidak tahu banyak hal, namun setelah ngeblog, saya jadi tahu lebih banyak hal.

2. Membantu Orang Lain


Membantu Orang Lain

Banyak orang browsing untuk mencari berbagai hal yang ingin diketahui. Dengan ngeblog kita bisa membagikan berbagai hal yang orang-orang butuhkan. Dengan begitu, kita bisa bermanfaat bagi orang lain bahkan merubah dunia, huahahaha.
Pernah merasa tidak berguna? Ayo ngeblog, dengan begitu anda jadi lebih berguna.

3. Meningkatkan Relasi


Meningkatkan Relasi

Mendapat teman baru lewat blog bukanlah hal sulit, ada banyak blogger lain yang juga ramah-ramah di seluruh dunia. Komunitas blogger juga banyak di grup-grup sosial media. Dengan menambah relasi, kita bisa mendapatkan banyak hal baru yang tidak pernah kamu dapatkan sebelumnya.  Mempunyai banyak teman juga berguna untuk kita ke depannya.

4. Menambah Skill


Menambah Skill

Tanpa disadari, seiring berjalannya waktu kita akan belajar menulis atau menjadi komunikator yang baik. Bukan hanya dua hal itu namun juga banyak hal lain. Meskipun awalnya tidak memiliki keahlian seperti saya, namun perlahan akan mulai belajar untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. Semua ada prosesnya.

5. Mengisi Waktu Luang


Mengisi Waktu Luang

Ngeblog bisa jadi sarana untuk kamu yang ingin mengisi waktu luang untuk kegiatan yang positif. Daripada memanfaatkan internet untuk stalking mantan, mendingan ngeblog. Dijamin cepet move on deh. Atau daripada kamu bengong, nanti kesurupan lho!

6. Mandapatkan Uang



Bukan hal langka lagi kalau banyak orang mulai ngeblog untuk mendapatkan uang. Namun ini hanya opsi saja apakah kamu ingin menghasilkan uang dari ngeblog atau tidak. Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari ngeblog seperti:

  • Paid promote (endorsement)
  • Ikut kompetisi blog
  • Menggunakan Adsense atau jaringan pengiklan lain.


Namun untuk bisa menghasilkan uang dari ngeblog bukanlah sesuatu yang instan, semua ada prosesnya. Mau makan mie instan saja harus melewati prosesnya. Saya sendiri baru bisa menikmati hasil ngeblog dari kompetisi saja.

Intinya, ada banyak hal bisa didapatkan dari ngeblog, mulai dari keuntungan bagi diri sendiri hingga orang banyak. Membuat blog juga mudah, bahkan bisa dilakukan lewat smartphone. Blog ini awalnya juga dibuat menggunakan smartphone, namun sekarang Alhamdulillah sudah ada laptop yang lebih memudahkan untuk menunjang aktivitas.

Ada banyak tempat penyedia blog mulai dari yang gratisan hingga berbayar seperti Blogger, WordPress, Tumblr, medium, kompasiana, dan masih banyak lagi. Tunggu apalagi? Yuk mulai ngeblog dari sekarang!

Tulis saja apa yang ingin kamu tulis yang penting jangan menulis sebuah hoax (dibaca hoks :v), isu SARA, pornografi, dan sesuatu yang melanggar hak cipta. Yang penting bisa berguna bagi diri sendiri dan orang banyak.

0 Komentar Alasan Kenapa Kamu Harus Ngeblog...

Posting Komentar

Back To Top