ADITTP.com: Blog Sekarepe Dewek

Blog pribadi yang berisi tentang apa saja yang ada di dunia dan sekitarnya. Berbagi apa saja sesuai dengan kehendak pemiliknya. Suka-suka saya.

Sabtu, 29 September 2018

Sering Melihat Layar Gadget? Yuk Jaga Kesehatan Mata


Mata merupakan salah satu alat indera yang penting. Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa mata adalah jendela dunia. Karena dengan mata, kita bisa melihat segala keindahan dunia. Oleh karena itu, betapa bersyukurnya kita yang memiliki mata yang sehat.

Tak jarang, mata adalah penemu jodoh kita, karena biasanya awal munculnya perasaan berawal dari mata lalu turun ke hati. Seperti perasaanku padamu, meskipun akhirnya kau hanya menganggap aku sebagai teman baikmu. Kok lama-lama ngaco ya?



Di zaman dimana hampir semua dilakukan lewat gadget, kalian pasti menjadi lebih sering menatap gadget. Ya kan? Ngaku! Entah itu chattingan, nonton Youtube, browsing, main game, atau stalking mantan. Namun, semua kegiatan itu bisa menjadi berbahaya bagi mata jika dilakukan secara berlebihan. Maka dari itu, pastikan kamu tetap menjaga kesehatan matamu supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan sampai kita meremehkan kesehatan mata, apalagi yang hobi banget mantengin layar monitor atau smartphone. Kalau kalian jeli, sebenarnya pesan untuk menjaga kesehatan mata ini sudah sering digaungkan dalam FTV atau sinetron lho!

Salah satunya adegan ketika seorang cewek bertabrakan dengan cowok atau sebaliknya di sebuah tempat. Setelah tabrakan, salah satu dari mereka pasti ada yang mengatakan, "Punya mata dijaga dong!". Itu sebenarnya adalah pesan moral supaya kita menjaga kesehatan mata kita. Selain itu, beberapa saat kemudian biasanya mereka jatuh cinta dan menjadi pasangan. Dari mata turun ke hati memang benar adanya guys!

Lalu adegan ketika seorang janda dilabrak oleh wanita gara-gara suaminya sering menggoda si janda itu. Kedua wanita itu kemudian cek-cok, si janda kemudian marah dan mengatakan, "Heh, itu suamimu matanya dijaga! Makanya punya suami jangan dianggurin!". Itu juga pesan moral supaya para istri menjaga kesehatan mata suaminya, kan nanti suaminya bakal bahagia punya istri yang perhatian. Kesehatan mata saja dijaga, apalagi rumah tangga.

Nah, makanya kita harus menjaga kesehatan mata kita, supaya bisa melihat keindahan dunia. Berikut cara menjaga kesehatan mata kita, terutama untuk kamu yang sering menatap layar gadget.

# Jaga Jarak Pandangan



Normalnya, jarak pandangan mata ke layar gadget adalah 30-40 cm. Pastikan kamu tetap berada dalam rentang jarak itu ya, supaya mata tidak perlu bekerja terlalu keras. Kalau perlu gunakan penggaris untuk mengukur jarak mata ke layar. Bercanda kok, dengan mengira-ngira saja juga sudah cukup.

# Perhatikan Pencahayaan 



Saat menggunakan gadget, pastikan pencahayaannya tidak terlalu terang karena akan membuat mata silau dan kelamaan membuat mata rusak. Menatap layar gadget di dalam ruangan gelap juga perlahan akan merusak kesehatan mata. Oleh karena itu, atur pencahayaan gadget supaya tetap nyaman dalam pandangan mata. Anak muda pasti sering kan, main gadget di kegelapan sebelum tidur. Sambil tiduran masih chattingan, bahkan sampai ketiduran. Jangan dibiasakan ya.

# Alihkan Pandangan dari Layar



Jika kamu sering berada di depan layar, pastikan kamu mengalihkan pandanganmu dan melihat jarak jauh setiap 30 menit sekali. Melihat pemandangan di luar jendela atau melihat sudut ruangan supaya otot mata sedikit lebih rileks. By the way, mungkinkah lagu Afgan yang berjudul 'Wajahmu Mengalihkan Duniaku' adalah lagu tentang menjaga kesehatan mata?

Melihat layar gadget normalnya adalah 2 jam setiap hari, jika kamu memandang gadget lebih dari 2 jam, lebih baik kamu memandangi wajahku saja. Eh, bukan. Maksudnya melakukan penyegaran mata dan melakukan olahraga mata.

# Sering Berkedip



Menatap layar secara terus menerus akan membuat kita lebih jarang berkedip. Hal ini menyebabkan mata menjadi kering. Oleh karena itu, pastikan kamu mengedipkan mata secara teratur. Mata genitnya mana, mata genitnyaaaa?


# Melakukan Olahraga Mata


Mata juga butuh olahraga supaya tetap sehat. Olahraga mata ini bukan berfungsi untuk menghilangkan kecenderungan terhadap pemakaian kacamata lho ya, namun untuk meningkatkan kekuatan mata setelah banyak beraktivitas.

1. Memutar Bola Mata


Jika kamu terlalu lama sendiri duduk di depan layar monitor dalam waktu yang cukup lama, putarlah bola mata searah dan berlawanan dengan jarum jam. Hal ini dimaksudkan untuk meregangkan mata dan pikiran setelah lama beraktivitas.

2. Menutup Mata dengan Telapak Tangan



Tutuplah mata alias merem, kemudian tutup lagi dengan telapak tangan. Lalu, ciluk baaaaaaa!!! Bercanda lho, nggak usah pakai ciluk ba segala. Melakukan ini akan membuat mata menjadi lebih rileks. Perlu diingat, jangan lakukan hal ini jika tangan kamu penuh dengan sambal atau habis makan gorengan. Aku sudah memperingatkan, jadi aku takkan bertanggung jawab kalau kamu tetap melakukannya.

3. Berkedip Cepat



Jika kamu merasa kalau mata sudah sangat lelah, perbaiki fokus mata dengan cara mengedipkan mata dengan cepat beberapa kali. Setelah itu, pandanglah benda atau objek yang ada didekat kamu. Lakukan ini selama beberapa kali, namun jangan melakukan hal ini dengan memandang bos atau pimpinan kamu, takut dikira genit dan kurang ajar.

4. Memandang Objek Hijau



Memandang objek berwarna hijau bisa membuat mata menjadi lebih rileks dan sejuk di mata. Jika kamu lebih sering memandangi monitor, dianjurkan untuk lebih melihat objek hijau selama beberapa menit setiap 2-3 jam terus di depan monitor. Alihkan mata sebentar keluar jendela dan lihatlah pepohonan di sekitar.


Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan supaya mata tetap sehat meskipun setiap hari harus menatap layar gadget. Untuk yang belum berkacamata, jangan sampai memakai kacamata. Untuk yang sudah berkacamata, jangan sampai kacamatanya jadi semakin tebal. Mari peduli kesehatan mata, supaya bisa memandang wajahnya dengan jelas tanpa halangan suatu apapun.

1 Response to Sering Melihat Layar Gadget? Yuk Jaga Kesehatan Mata

  1. y yub, memang benar menatap layar dalam waktu yang cukup lama dapat merusak mata.

    BalasHapus

Back To Top