ADITTP.com: Dunia dan segala isinya.

Blog pribadi yang berisi tentang apa saja yang ada di dunia dan sekitarnya. Berbagi apa saja sesuai dengan kehendak pemiliknya. Suka-suka saya.

Kamis, 02 Agustus 2018

Kiat Menjaga Jantung Tetap Sehat Sejak Dini


Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Tidak memandang usia, yang muda atau yang tua bisa terserang penyakit mematikan ini. Yang laki-laki atau perempuan pun sama, bahkan transgender pun bisa terkena penyakit jantung.

Memang kebanyakan penyakit jantung menyerang orang di usia 40 tahun ke atas. Namun dalam beberapa kasus serangan jantung terjadi kepada orang berusia muda. Penyakit ini bisa datang karena banyak faktor, seperti pola hidup yang tidak sehat, keturunan, dan gaya hidup yang sembarangan.

Yang jelas, tak perlu takut karena 80% serangan jantung dini bisa dicegah. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah serangan jantung.

1. Pola makan sehat



Menjaga kesehatan jantung itu mudah, salah satunya adalah dengan pola makan yang sehat. Namun kadang manusia banyak khilafnya jadi makanan yang terlihat enak masuk perut tanpa memikirkan efeknya bagi kesehatan. Rajin-rajinlah mengonsumsi sayur hijau, kacang-kacangan, ikan mengandung omega-3. Serta membatasi konsumsi junkfood, gula, lemak, dan garam berlebihan.

2. Rutin berolahraga setiap hari



Untuk menjaga kebugaran tubuh dan kardiovaskular, pastikan kamu berolahraga setiap hari. Lakukan beberapa aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari. Jangan bilang anda anda tidak punya waktu untuk melakukannya.

3. Mengetahui tekanan darah dan kadar gula darah



Salah satu faktor penyebab serangan jantung adalah tekanan darah tinggi dan diabetes. Dengan mengetahui tekanan darah dan kadar gula darah, kita bisa tahu seberapa mungkin kita terkena serangan jantung. Jadi, pastikan periksa tekanan darah dan kadar gula darah secara berkala.

4. Cek juga kadar lipid darah dan kolesterol



Jika kamu memiliki kadar lipid darah dan kolesterol yang tinggi, pastikan kamu segera mengontrolnya dengan tepat karena bisa memicu serangan jantung dan stroke mendadak. Mengontrol kolesterol bisa dilakukan dengan diet sehat, atau obat yang tepat dari dokter.

5. Konsultasi dengan dokter



Jika kamu adalah seorang perokok, berat badan berlebih, punya riwayat penyakit jantung, tekanan darah, gula darah, dan kolestrol tinggi, sebaiknya minta bimbingan dokter untuk mendapat penanganan dan obat yang tepat. Hal-hal di atas merupakan orang yang beresiko tinggi terkena penyakit jantung.

6. Biasakan gaya hidup sehat



Gaya hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan timbulnya serangan jantung. Salah satu caranya adalah untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi alkohol dan hentikan kebiasaan merokok.

Serangan jantung memang momok menakutkan, namun bukan berarti tidak bisa dicegah. Dengan menjaga pola dan gaya hidup sehat, setidaknya kita bisa meminimalisir terkena serangan jantung.

Selain itu, berikut adalah makanan untuk menjaga kesehatan jantung kamu. Pastikan sediakan di rumah ya!

1. Oat



Oat merupakan salah satu makanan yang mengandung serat spesial yang disebut beta-glukan yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan kolesterol. Berdasarkan penelitian, 3 gram beta-glukan mampu menurunkan kolesterol hingga 10% jika dikonsumsi setiap hari. Ahli nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi oat untuk sarapan untuk orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Tak hanya oat, beta-glukan juga terdapat pada rumput laut, beberpa jenis jamur, dan berley.

2. Ikan ber-omega 3



Seperti yang kita ketahui, asam lemak omega-3 mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan sangat baik. Omega-3 sudah terbukti mampu membuat detak jantung tetap stabil sehingga dapat mencegah serangan jantung. Omega-3 bisa diperoleh dari ikan salmon, tuna, mackerel, dan sarden. Selain pada ikan, omega-3 juga bisa diperoleh dari telur, selai kacang, susu, dan margarin. Hanya saja, makanan tersebut memiliki kandungan omega-3 yang lebih sedikit.

3. Kacang dan biji-bijan



Penelitian mengungkapkan bahwa kacang bisa mengurangi tekanan darah, kolesterol, denyut jantung, dan pembuluh darah yang mengencang. Kacang dan biji-bijian juga mengandung kalium, magnesium, dan mineral yang berguna untuk menurunkan tekanan darah. Beberapa kacang dan biji-bijian yang bisa dikonsumsi seperti kacang almond, kacang kenari, biji rami, dan kacang macademia.

4. Alpukat dan buah bit



Alpukat kaya asam lemak tak jenuh dan bisa menurunkan kolesterol. Sebuah alpukat memiliki manfaat yang sama dengan obat penurun tekanan darah.


Selain alpukat, buah bit mengandung banyak akan nitrit oksida yang juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Berdasarkan penelitian di Australia, 500 gram jus buah bit mampu menurunkan tekanan darah secara signifikan dalam 6 jam.

Nah, itulah beberapa cara untuk mencegah serangan jantung dan menjaga kesehatan jantung. Mari hidup sehat!

0 Komentar Kiat Menjaga Jantung Tetap Sehat Sejak Dini

Posting Komentar

Back To Top