ADITTP.com: Blog Sekarepe Dewek

Blog pribadi yang berisi tentang apa saja yang ada di dunia dan sekitarnya. Berbagi apa saja sesuai dengan kehendak pemiliknya. Suka-suka saya.

Jumat, 17 Agustus 2018

Fenomena Aneh Yang Akan Kamu Temui Hanya di Antartika


Antartika adalah salah satu benua yang berada di ujung bumi bagian selatan alias kutub selatan. Memiliki luas 14 juta km persegi, benua ini merupakan benua terbesar ke lima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Letaknya di kutub, 98% daratannya merupakan lapisan es tebal yang menutupi Antartika.

Benua ini tak hanya dingin dan juga sepi karena sedikit orang yang tinggal di sana. Antartika merupakan benua yang unik dan banyak hal aneh yang hanya akan kamu temui di Antartika. Berikut adalah fenomena aneh yang hanya terjadi di Antartika.

1. Matahari diam sepanjang musim panas



Pada saat musim panas di Antartika, matahari akan bersinar selama 24 jam penuh. Memasuki pertengahan musim panas, kamu masih bisa mengira-ngira jam berapa hanya dengan melihat posisi matahari. Namun setelah melewati fase itu, posisi matahari hanya akan terlihat diam di tempat yang sama sepanjang musim panas.

2. Kutub selatan bergerak



Kutub selatan bergerak sepanjang 2,5 cm per harinya atau sekitar 9 meter per tahun. Hal ini dikarenakan kutub selatan merupakan kutub magnet selatan bumi dan akan selalu tarik menarik dengan kutub magnet utara di Arktik. Hal ini disadari oleh para ilmuwan dan setiap tahunnya selalu diadakan upacara untuk memperingati pindahnya kutub selatan.

Kutub aja bisa move on, masa kamu gak bisa move on dari doi sih?

3. Dinginnya melebihi si doi



Sudah tidak diragukan lagi bahwa Antartika merupakan benua yang dingin. Meskipun begitu, kamu takkan bisa membayangkan sedingin apa di sana. Suhu dingin rata-rata Antartika mencapai minus 51 derajat celcius. Bulan Juli merupakan bulan yang paling dingin, suhu terdingin pada bulan Juli bisa mencapai minus 63 derajat celcius. Suhu terdingin  yang pernah diketahui adalah minus 89,2 derajat celcius. Jadi bagaimana menurutmu? Lebih dingin doi atau Antartika?

4. Tidur di musim dingin takkan disambut hangatnya mentari



Normalnya, ketika kamu tidur di malam hari akan disambut oleh hangatnya mentari pagi. Namun hal ini tidak berlaku saat musim dingin di antartika. Hal ini diakrenakan kutub selatan merupakan kebalikan dari kutub utara. Jika di kutub selatan sedang malam hari, maka di kutub utara sedang siang hari.

Jadi, jangan berharap kamu bangun disambut dengan hangatnya mentari saat berkunjung ke Antartika di musim dingin. Setidaknya berharaplah bangun disambut pelukan hangat si doi, meskipun itu juga khayalan.

5. Tahun baru berkali-kali



Tahun baru di Antartika menjadi hal yang spesial di sana. Kamu bisa merayakan tahun baru berkali-kali. Kita tahu bahwa pembagian waktu dibedakan setiap 15 derajat garis bujur. Di daerah lain yang bukan kutub, untuk menempuh pembagian waktu yang berbeda diperlukan jarak yang jauh hingga ratusan kilometer. Namun di Antartika kamu hanya perlu berjalan beberapa langkah untuk menempuh jarak 15 derajat.

6. Kamu akan insomnia di Antartika



Antartika berada pada ketinggian 3000 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuat atmosfer di sana seperti saat kita berada di puncak gunung. Selain itu, atmosfer di Antartika berbeda dari tempat biasa karena ada gaya tarik menarik sehingga atmosfer langit banyak yang ditarik ke arah kutub.

Hal ini akan membuat kamu sulit tidur karena udara yang menipis dan atmosfer yang takkan kamu temui di manapun.

Antartika masih menyimpan banyak misteri yang unik dan menarik para peneliti untuk menguak apa saja yang ada di sana. Tertarik ke sana?

0 Komentar Fenomena Aneh Yang Akan Kamu Temui Hanya di Antartika

Posting Komentar

Back To Top