ADITTP.com: Dunia dan segala isinya.

Blog pribadi yang berisi tentang apa saja yang ada di dunia dan sekitarnya. Berbagi apa saja sesuai dengan kehendak pemiliknya. Suka-suka saya.

Minggu, 29 Juli 2018

Pentingnya Karang Taruna di Zaman Serba Digital


Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi begitu cepat dan semakin canggih. Yang paling dekat dengan kita saat ini misalnya, gadget dan internet. Smartphone, sudah seperti kebutuhan primer saat ini. Apalagi dengan semakin pesatnya perkembangan dunia digital.

Punya ponsel pintar tanpa sebuah koneksi internet? Wah, ibarat punya motor tanpa bahan bakar. Sekarang semua hal bisa dilakukan lewat smartphone mulai dari belanja, berkomunikasi, bisnis, hiburan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Dengan internet, arus informasi menjadi begitu cepat, bahkan menjadi susah terkontrol. Cepatnya arus informasi ini tentu berdampak positif karena sebuah informasi bisa menyebar cepat dan mudah sekali didapatkan.

Namun hal itu juga bisa berdampak negatif ketika sebuah informasi yang tersebar merupakan informasi yang tidak akurat. Itu sebabnya akhir-akhir ini Kemenkominfo begitu gentar untuk memberantas segala informasi yang menyangkut isu SARA dan berita hoax.


Dengan adanya media sosial juga membantu banyak orang untuk tetap terhubung dengan banyak orang. Sahabat yang jauh pun tak lagi terasa jauh dan selalu bisa terhubung. Tak hanya sebagai media komunikasi, media sosial juga akhir-akhir ini beralih fungsi sebagai sarana bisnis online.

Dan di media sosial inilah kita sebagai penggunanya harus bijak dalam menggunakan sarana ini. Kita harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang tidak. Berita hoax sangat mudah sekali berkembang di media sosial dan ujaran kebencian pun masih sering dilakukan banyak orang. Itu sebabnya kita dituntut untuk tetap bijak dan cerdas dalam menggunakan medsos.

Kejahatan modern juga sering dilakukan lewat dunia maya kan, seperti penipuan, pelecehan, dan cyber bullying. Meskipun hanya dunia maya, kita hendaknya tetap berhati-hati untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Intinya, banyak sekali dampak positif yang bisa kita dapatkan dari perkembangan teknologi ini. Memang memberikan dampak positif, namun juga ada dampak negatif yang bisa kita sadari dan tidak kita sadari.

Dampak negatif yang seringkali tidak kita sadari adalah perubahan tingkah laku sosial kita dalam kehidupan bermasyarakat. Orang lain mungkin bisa menyadari, namun terkadang kita tidak sadar kalau diri ini mengalami perubahan.

Menjadi orang yang acuh


Tak sadar, kita menjadi orang yang acuh terhadap apa yang terjadi di sekeliling. Salah satunya adalah terlalu asyik dengan gadget dan dunia maya. Bahkan sekarang ini banyak orang yang malas untuk berinteraksi sosial secara fisik (bertatap muka). Orang menjadi lebih senang untuk berkomunikasi lewat media sosial daripada harus bertemu secara langsung.

Menjauhkan yang dekat



Berdasarkan pengalaman pribadi, seringkali berkumpul dengan kawan menjadi sesuatu yang tidak se-asyik dulu. Saat bertemu, masing-masing orang sibuk dengan gadget masing-masing jadi meskipun sedang berkumpul, semua terasa sepi.

Belum lagi dengan adanya game online, orang-orang berkumpul hanya untuk mabar, main bareng. Terkadang game online membuat seseorang lebih betah berada di dalam kamar.

Tidak cuma dengan teman, dengan keluarga pun menjadi terasa jauh. Kumpul hanya sekedar kumpul namun semua terasa hambar karena masing-masing sibuk dengan dunia masing-masing.

Pentingnya karang taruna dalam menyikapi dunia yang serba digital


Untuk menghadapi tantangan era digital, karang taruna bisa menjadi salah satu wadah untuk mengurangi dampak negatif dan mengubahnya menjadi positif.

Ada banyak sekali manfaat nyata yang bisa kita ambil dari ikut organisasi remaja di tingkat desa ini.

Mempererat tali persaudaraan



Dalam sebuah organisasi karang taruna, kita akan berkesempatan untuk bertemu semua pemuda dari seluruh desa. Tentu saja ini akan menjadi wadah yang pas untuk tetap menjaga tali silaturahmi dengan banyak orang terdekat sekitar. Diantara banyaknya pemuda di desa, pasti ada yang tidak kita kenal atau tidak begitu dekat kan? Masa tetangga sendiri saja tidak kenal? Miris sekali.

Ini bisa menjadi cara untuk tetap saling bertemu secara langsung dan mencegah seseorang menjadi acuh atau bahkan menjadi anti sosial yang menjadi masalah baru akhir-akhir ini.

Menambah ilmu baru dan skill



Organisasi karang taruna pasti aneka kegiatan seru, entah itu mendirikan usaha mikro, aktfitas sosial, dan lain sebagainya. Nah, disitulah kita bisa mengambil ilmu baru yang pastinya berguna bagi diri kita dan orang lain.

Kalian akan berlatih untuk berani mengemukakan pendapat dan menuangkan pikiran di depan umum. Belajar bagaimana bermusyawarah, berani berbicara di depan umum. Pengalaman seperti ini tentu akan menolong kamu dalam berbagai kehidupan.

Menjadi bagian dari kemajuan sebuah desa



Organisasi karang taruna diharapkan mampu memajukan sebuah desa. Nah, disinilah kita dilatih untuk menjadi orang yang peka terhadap desa, menumbuhkan greget untuk kesejahteraan desanya.

Itu hanya beberapa manfaat karang taruna bagi pribadi dan desanya, selebihnya bisa kamu rasakan saat terjun langsung di dalamnya.

Karang taruna bisa menjadi obat segala permasalahan sosial, seperti penyalahgunaan narkoba, mencegah seks bebas, kepedulian terhadap alam sekitar, hingga penanggulangan bencana alam dan lain sebagainya.

Di era digital ini, karang taruna bisa menjadi pasangan duet serasi dengan teknologi yang terus berkembang ini. Ambil contoh kecil, sebuah usaha mikro yang didirikan karang taruna bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi usaha yang dibina.


Yang lebih keren kalau sebuah karang taruna bisa mendirikan sebuah startup yang dikelola oleh pemuda desanya. Mantap! Berandai-andai dulu lah, gakpapa. Siapa tahu suatu hari muncul sebuah startup yang dikelola oleh karang taruna.




4 Komentar Pentingnya Karang Taruna di Zaman Serba Digital

  1. memang potensial abnget karang taruna kalau bisa digerakan dg kegiatan yang bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sayang sekarang ini sudah jarang ada karang taruna yang aktif

      Hapus
  2. dulu karang taruna di kampung saya sangat aktif, namun seiring pergantian zama, saat ini sudah tidak karuang lagi. padahal seharus karang taruna ini sangat bermanfaat dan berguna bagi sebauh desa dan kampung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, bisa ikut serta dalam kemajuan sebuah desa.

      Hapus

Back To Top