ADITTP.com

Blog pribadi yang berisi tentang apa saja yang ada di dunia dan sekitarnya. Berbagi apa saja sesuai dengan kehendak pemiliknya. Suka-suka saya.

Senin, 02 Juli 2018

Jenis Kopi Terenak dan Terkenal di Dunia, Pecinta Kopi Wajib Coba



Diem-diem bae, ngopi ngapa ngopi.

Pagi-pagi ditemani dengan secangkir kopi sembari menunggu datangnya mentari. Ya, kopi merupakan salah satu minuman favorit di Indonesia bahkan dunia. Kopi memang minuman semua golongan, baik dari golongan rakyat jelata seperti saya hingga golongan elit dunia.

Nah, pagi ini saya juga sedang menyeruput kopi, lho! Daripada diem-diem bae, ngopi ngapa ngopi. Kafein pada kopi ini dapat membuat orang tetap terjaga karena kafein termasuk dalam zat psikoaktif.

Menikmati kopi ada waktu-waktu terbaiknya juga lho! Seperti yang dikatakan oleh salah satu pemilik kedai kopi terkenal Iyan Muhazan yang dilansir oleh republika.co.id beberapa waktu lalu. Menurutnya, waktu terbaik meminum kopi adalah pada saat siang hingga sore hari.

Meminum kopi akan membuat aktifitas menjadi lebih bagus karena jantung akan berdetak lebih kencang. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kopi tidak baik dikonsumsi pada malam hari. Hal itu bisa membuat kualitas tidur seseorang menjadi buruk. Itu sebabnya banyak orang minum kopi di pagi hari.

Ketika saya menikmati kopi di pagi hari meskipun awan menutupi mentari, namun sang awan tidak bisa menghalangi rasa kepo dalam benak saya, kopi apa sih yang paling enak di dunia.

Lalu saya browsing deh di google, dan akhirnya inilah beberapa kopi terenak, terbaik, dan terkenal di dunia yang akan saya bagikan untuk kalian semua. Siapa tahu anda kepo juga seperti saya, kan jadinya sama-sama kepo. Cie!

1. Kopi Arabika


Kopi arabika adalah kopi yang berasal dari daratan Afrika, yang kini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia mengingat kopi ini mudah dibudidayakan dengan berbagai kondisi alam. Tapi tetap saja, kopi arabika terbaik hanya yang berasal dari benua aslinya, Afrika. Mencari kopi arabika terbaik tidaklah sulit. Karena produsen kopi instan pun sudah banyak yang menggunakan kopi arabika.

2. Kopi Kona


Kopi Kona merupakan kopi yang berasal dari Kona, Big Island, Hawaii. Kopi ini termasuk dalam tipe kopi gourmet yang begitu mahal dan bernilai tinggi di pasar dunia. Bahkan, kopi ini dilindungi oleh hukum untuk meyakinkan hanya kopi yang ditanam di daerah spesifik bisa dijual sebagai 'Kopi Kona'. Kopi Kona ini memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi.

3. Kopi Liberika


Kopi liberika berasal dari kawasan Liberica, Afrika Barat dan dibawa ke Indonesia pada abad ke-19. Saat ini, kopi ini banyak di tanam di kawasan Jambi dan Bengkulu. Cita rasa dari kopi liberika ini terbilang unik karena pada saat dirasakan seperti ada rasa sayurnya seperti kacang panjang mentah. Biji kopi ini juga terbilang cukup besar, oleh sebab itu banyak orang menyebutnya "kopi nongko".

4. Kopi Kolombia


Kopi Kolombia merupakan salah satu kopi unggulan dari Kolombia. Kopi ini memerlukan perawatan khusus yang berbeda dari jenis kopi lainnya. Kopi kolombia merupakan salah satu jenis kopi arabika yang ditanam di daerah pegunungan dengan tanah kering namun kaya akan kandungan vulkanik.

5. Kopi Luwak


Kopi ini bisa dibilang kopi yang paling unik. Dan sepertinya semua orang sudah tahu tentang kopi ini. Kopi luwak merupakan kopi yang menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran musang kelapa alias luwak. Biji kopi ini dipercaya memiliki cita rasa yang khas setelah melewati saluran pencernaan luwak. Mulai terkenal pada tahun 1980 dan merupakan salah satu kopi termahal di dunia. Harganya mencapai $100 per 450 gram.

6. Kopi Toraja


Kopi Sulawesi rasanya bersih, mereka secara umum menampilkan ciri karakter rempah-rempah atau kacang-kacangan, seperti kayu manis atau cardamom (sejenis jahe). Karakter lada hitam kadang-kadang juga ditemukan. Rasa manis mereka, seperti halnya kebanyakan kopi-kopi Indonesia, berhubungan erat dengan kekentalan kopi. After taste-nya akan menyelubungi langit-langit mulut di akhir minum kopi, halus dan lembut. Kebanyakan kopi Sulawesi dibudidayakan oleh perkebunan kecil, dengan sekitar 5% berasal dari tujuh perusahaan yang lebih besar Petani-petani Sulawesi menggunakan suatu proses yang unik disebut “giling basah”. (coffeeland.co.id)

7. Kopi Robusta


Kopi robusta adalah kopi yang paling gampang ditemukan di Indonesia. Memiliki cita rasa khas dan harga yang terjangkau membuat kopi ini menjadi favorit para pecinta kopi. Tumbuhan kopi ini pun memiliki daya tahan tinggi dari serangan hama.

Nah, itulah beberapa jenis kopi yang terenak, dan terjkenal di dunia. Jangan ngaku pecinta kopi kalau belum mencicipi jenis-jenis kopi di atas.


Diem-diem bae, ngopi ngapa ngopi. 

0 Komentar Jenis Kopi Terenak dan Terkenal di Dunia, Pecinta Kopi Wajib Coba

Posting Komentar

Back To Top