ADITTP.com

Blog pribadi yang berisi tentang apa saja yang ada di dunia dan sekitarnya. Berbagi apa saja sesuai dengan kehendak pemiliknya. Suka-suka saya.

Sabtu, 21 Juli 2018

Ciri-ciri Bayi Sehat Yang Tidak Kekurangan ASI


Air susu ibu merupakan makanan pertama untuk bayi yang baru lahir. Selain itu, ASI juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk bayi. Sebagai seorang ibu, alangkah baiknya jika para ibu memperhatikan kecukupan ASI untuk anaknya,

Ya, meskipun saya bukan Ibu-ibu tapi paling tidak kan harus tahu juga pengetahuan ini. Jadi sekalian saja saya buat postingan, siapa tahu ada ibu muda yang baru akan melahirkan bayinya. Untuk para suami juga wajib tahu lho!

Jadi gini, tanda bayi yang cukup mendapat asupan ASI menurut Dr.Elizabeth Yohmi Sp.A seperti yang diansir kompas.com meliputi. . .

1. Berat badan terus bertambah



Ini adalah ciri yang paling mudah dilihat. Berat badan bayi akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya umur si dedek bayi. Tanda yang paling mudah dilihat selanjutnya adalah. . .

2. Tidur nyenyak



Bayi yang tidak kekurangan ASI biasanya akan tidur nyenyak. Dua tanda di poin pertama dan kedua ini sangat mudah dilihat.

3. Sering buang air besar dan kecil



Banyaknya frekuensi BAB si kecil bisa jadi pertanda kalau si bayi tidak kekuarangan ASI. Bayi baru lahir biasanya akan mulai BAB pada hari ketiga. Dalam sehari bayi bisa BAB sebanyak 5 hingga 6 kali dan BAK hingga 8 kali.

4. Feses bayi berubah warna


Bayi yang baru lahir biasanya memiliki kotoran berwarna gelap dan perlahan berubah menjadi kuning cerah jika mendapat cukup ASI.

5. Acuan lain



Ciri lain yang bisa menandakan buah hati mendapat asupan ASI yang cukup adalah berat badan dalam lima hari pertama kelahiran. Biasanya, berat bayi akan turun namun dengan jumlah yang tidak melebihi 10%. Lalu perlahan bobot bayi akan naik seiring dengan meningkatnya produksi ASI. Hingga berusia 2 minggu, seharusnya berat bayi sudah kembali ke berat lahir, bahkan lebih.

*Tanda bayi kekurangan ASI


Bayi yang kekurangan air susu ibu biasanya ditandai dengan adanya endapan merah bata pada urine. Namun untuk lebih lengkapnya, silakan konsultasikan kepada dokter.

Tanda-tanda di atas hanya berlaku untuk bayi yang sehat, bukan untuk bayi yang lahir prematur, berat badan kecil dan atau besar.

Itulah beberapa tanda kalau si buah hati mendapat asupan ASI yang cukup.

0 Komentar Ciri-ciri Bayi Sehat Yang Tidak Kekurangan ASI

Posting Komentar

Back To Top