ADITTP.com: Blog Sekarepe Dewek

Blog pribadi yang berisi tentang apa saja yang ada di dunia dan sekitarnya. Berbagi apa saja sesuai dengan kehendak pemiliknya. Suka-suka saya.

Kamis, 07 Juni 2018

Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi



Mudik memang sudah menjadi tradisi tahunan di Indonesia. Apalagi menjelang hari raya seperti ini, banyak orang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk bertemu sanak keluarga. Buat kalian yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi, inilah beberapa tips yang mungkin bisa berguna.

1. Periksa kendaraan itu wajib!



Sebelum berangkat, alangkah baiknya memeriksa kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk mudik. Mulai dari kondisi ban, rem, oli dan lainnya. Dengan demikian, kita bisa meminimalisir berbagai keadaan yang tidak diinginkan dan mudik tetap lancar.

2. Perhatikan kapasitas kendaraan.




Untuk faktor keselamatan, jangan sampai kita membawa beban terlalu berlebihan. Mentang-mentang mau mudik, ingin bertemu keluarga semua barang dimasukkan ke kendaraan sampai over. Atau mobil yang hanya muat 7 orang malah diisi 9 orang. Selain untuk kenyamanan, hal itu juga untuk keselamatan bersama. Sudah banyak kan contoh yang tidak diinginkan karena membawa beban melebihi kapasitas.

3. Membawa bekal makanan dan minuman yang cukup



Sebelum mulai melakukan perjalanan, jangan lupa untuk menyiapkan segala perbekalan makanan dan minuman yang cukup. Nggak mau dong, kelaparan di tengah kemacatan arus mudik yang dipastikan akan membludak. Sudah macet, lapar, stres, dehidrasi, bisa hilang fokus nanti. Makanya untuk mengantisipasis hal itu pastikan untuk membawa bekal cukup untuk perjalanan mudik anda.

4. Mematuhi peraturan lalu lintas.



Bagaimanapun juga, peraturan dibuat bukan untuk dilanggar, melainkan untuk dipatuhi supaya semuanya teratur dan tanpa kendala. Jangan pernah mencoba melanggar peraturan lalu lintas sekecil apapun itu.

5. Jangan memaksakan diri.



Saat sudah memulai perjalanan, pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima. Jika merasa lelah, tidak fokus, atau mengantuk, segeralah berhenti untuk beristirahat. Tenang saja, kan ada banyak posko peristirahatan yang disediakan oleh banyak pihak. Jangan sampai memaksakan diri supaya cepat sampai, bisa bahaya nanti, slow bae bos!

6. Utamakan selamat



Jangan terburu-buru untuk segera ingin cepat sampai tujuan. Tetap utamakan selamat. Buat apa cepat tapi tidak selamat. Keluarga menunggu kamu dalam keadaan selamat supaya bisa merayakan Idul Fitri bersama-sama.

Demikianlah sedikit tips mudik untuk yang menggunakan kendaraan pribadi. Untuk yang hendak melakukan perjalanan mudik, semoga sampai di tujuan dengan keadaan selamat tanpa halangan suatu apapun. Selamat menunaikan ibadah puasa, dan Idul Fitri.

0 Komentar Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi

Posting Komentar

Back To Top