ADITTP.com: Blog Sekarepe Dewek

Blog pribadi yang berisi tentang apa saja yang ada di dunia dan sekitarnya. Berbagi apa saja sesuai dengan kehendak pemiliknya. Suka-suka saya.

Selasa, 12 Juni 2018

Operator Seluler dengan Internet 4G Tercepat di Indonesia, Ini Datanya.

pic: swginc.com


Internet menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia saat ini. Bahkan hampir semua kegiatan sehari-hari dipastikan membutuhkan koneksi intnernet.

Pengguna internet di Indonesia memang di dominasi oleh generasi muda berusia 19-34 tahun yakni sebesar 49,52% dari seluruh pengguna internet di Indonesia. Lalu disusul dengan kalangan berusia 35 sampai 54 tahun sebesar 29,55% dan 4,24% sisanya merupakan kalangan orang tua berusia 54 tahun ke atas.

Jika semua di total, lebih dari 50% atau sekitar 143 juta penduduk Indonesia merupakan pengguna internet aktif. Itu merupakan laporan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pada Februari lalu.

Penggunaan internet sekarang ini sudah tidak hanya untuk berkomunikasi saja, melainkan sebagai sarana bisnis, menyalurkan karya, belanja, hingga memesan transportasi umum.

Ditambah lagi dengan berbagai profesi dunia maya baru seperti menjadi selebgram hingga youtubers.

Dengan kebutuhan internet yang semakin dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti yang disebutkan di atas, pengguna internet tentunya ingin mendapatkan koneksi yang cepat dan lancar.

Sebagai rekomendasi dan pengetahuan, berikut adalah daftar kecepatan internet 4G yang dilansir oleh situs OpenSignal.com.


Berdasarkan data, Telkomsel memiliki kecepatan paling tinggi untuk keperluan download dan upload, meskipun menurun dibandingkan laporan pada akhir 2017 lalu. Supaya lebih mudah, silakan lihat data dibawah ini.

Operator Download Upload
Telkomsel 12,9 Mbps 7,3 Mbps
Smartfren 9,8 Mbps 2,7 Mbps
XL Axiata 8,9 Mbps 5,1 Mbps
Indosat 4,8 Mbps 3,2 Mbps
3 (Tri) 4,6 Mbps 3,8 Mpps


Sementara untuk kecepatan download overall dari jaringan 3G dan 4G, Smartfren menjadi operator dengan kecepatan terbaik seperti yang bisa dilihat pada data di bawah ini.

Operator Kecepatan (3G & 4G)
Smartfren 9,8 Mbps
Telkomsel 8,4 Mbps
XL Axiata 6,1 Mbps
3 (Tri) 3,8 Mbps
Indosat 3,2 Mbps

Tidak cukup sampai di situ, situs OpenSignal.com juga membuat data ketersediaan jaringan 4G operator seluler di Indonesia.

Operator Ketersediaan 4G
Smartfren 92,59%
3 (Tri) 83,66%
XL Axiata 76,22%
Indosat 70,84%
Telkomsel 69,56%

Dari data di atas, Smartfren menjadi operator seluler dengan ketersediaan 4G paling merata di Indonesia, sedangkan Telkomsel menjadi yang tertinggal untuk ketersediaan 4G. Sayang sekali ya, padahal Telkomsel unggul dari segi kecepatan. Namun, operator tersebut dipastikan akan terus menambah layanannya untuk internent yang lebih baik dan stabil, mengingat kebutuhan internet yang semakin dibutuhkan.

Meskipun Telkomsel menjadi operator seluler yang memiliki ketersediaan 4G di seluruh Indonesia, namun operator merah ini mendominasi di 6 kota besar Indonesia. 6 kota yang dimaksud adalah Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar.

Selengkapnya bisa dilihat dalam gambar di bawah ini.

OpenSignal.com


Itulah data operator internet 4G tercepat dan data lainnya yang dihimpun dari situs resmi OpenSignal.com. Data tersebut dibuat sepanjang 1 Februari hingga 1 Mei 2018 dengan data sebanyak 11,707,692,189 dari 1,235,257 pengguna yang di tes.



0 Komentar Operator Seluler dengan Internet 4G Tercepat di Indonesia, Ini Datanya.

Posting Komentar

Back To Top