ADITTP.com

Blog pribadi yang berisi tentang apa saja yang ada di dunia dan sekitarnya. Berbagi apa saja sesuai dengan kehendak pemiliknya. Suka-suka saya.

Jumat, 04 Mei 2018

Kebiasaan Netizen Indonesia di Youtube dan Google Menjelang Bulan Ramadhan





Wah, Ramadhan tinggal menghitung hari lagi nih. Bulan yang penuh berkah dan segala nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita semua. Biasanya pas bulan Ramadhan kita mengalami perubahan kebiasaan selama sebulan penuh. Bangun lebih awal untuk sahur, taraweh di malam harinya. 


Nah, tak hanya kebiasaan harian kita yang berubah lho. Ternyata berdasarkan data yang dikaji oleh Google Indonesia ternyata orang Indonesia menghabiskan waktu lebih lama untuk menonton Youtube saat bulan puasa dibanding hari biasa. Hal itu diambil dari pola trend Ramadhan dari tahun ke tahun.


Industry Analyst Google Indonesia, Yudistira Adi Nugroho menuturkan bahwa:

“Secara keseluruhan, watch time YouTube naik 50 persen saat Ramadan dibandingkan bulan-bulan biasanya".


Video yang paling sering ditonton lebih mengacu kepada tema Ramadhan, walaupun kategori umum juga tetap ramai ditonton. Yang paling signifikan adalah konten rohani, ceramah, tutorial hijab naik sebanyak 1,5 kali lipat.

 



Selain itu, banyak juga yang menonton video-video makanan. Mungkin karena mentang-mentang lagi puasa gak bisa makan jadi nontonin videonya kali ya, hehehe. Atau mungkin sedang mencari ide inspirasi menu untuk berbuka puasa. 

Meskipun lapar mengguncang perut namun mereka tetap mencari resep-resep makanan. Begitu kata Yudistira.





Tak hanya soal konten video yang ditonton, waktu paling ramai menonton Youtube pun berubah. Jika biasanya mulai menonton Youtube pada pukul 7 pagi, pada saat bulan puasa menjadi lebih awal yakni di waktu-waktu sahur.


Kemudian mulai ramai lagi pada saat pukul 11 siang, lalu mulai menurun perlahan-lahan. Wajar saja sih, jam segitu sedang lapar-laparnya ya kan? Apalagi kalau cuaca sedang panas.

Kemudian naik lagi pada jam-jam ngabuburit tiba walaupun tidak seramai pada jam makan siang.


Beberapa minggu sebelum lebaran, banyak orang mulai 'googling' tentang paket internet. Berdasarkan data, pencarian promo naik 3 kali lipat dari biasanya.


Dan inilah kata kunci yang paling tinggi untuk mencari promo tersebut adalah “video streaming”, “video on demand app”, “cara upgrade ke 4G”, “paket internet”, serta “internet unlimited”.


Itulah kebiasaan-kebiasaan netizen Indonesia menjelang dan saat bulan Ramadhan berdasarkan data dari Google Indonesia.



2 Komentar Kebiasaan Netizen Indonesia di Youtube dan Google Menjelang Bulan Ramadhan

Back To Top