ADITTP.com: Blog Sekarepe Dewek

Blog pribadi yang berisi tentang apa saja yang ada di dunia dan sekitarnya. Berbagi apa saja sesuai dengan kehendak pemiliknya. Suka-suka saya.

Minggu, 25 Maret 2018

Inilah Fakta Yang Ada di Facebook




Facebook saat ini merupakan jejaring sosial terbesar di dunia. Rasanya hampir setiap orang saat ini memiliki akun sosial media besutan Mark Zuckerberg ini. 

Memiliki Facebook memang memiliki banyak keuntungan, selain kita bisa terhubung dengan kerabat atau teman dekat, kita juga bisa menambah teman dari berbagai belahan dunia.





Kali ini saya mau membagikan fakta-fakta yang ada di Facebook. Sebenarnya ada apa saja sih di Facebook akhir-akhir ini?

1. Facebook sebagai tempat pencitraan.

Setuju dengan fakta pertama ini? Meskipun tidak semua orang, namun banyak orang melakukan pencitraan di Facebook. Entah itu lewat foto, status, ataupun bio di profil belum tentu dengan kenyataannya. Banyak orang ingin terlihat baik, padahal belum tentu. Hanya ingin terlihat baik, kaya, bahagia, dan lain sebagainya.

2. Punya banyak teman

Seperti fungsi dari sosial media ini, yaitu menambah teman dan terhubung dengan orang dari seluruh dunia. Banyak orang punya ribuan teman di Facebook. Namun apakah teman itu nyata? Yang benar-benar teman hanyalah beberapa saja. Yang lainnya hanya status yang aslinya kita tidak tahu sama sekali.


3. Saling hujat

Meskipun Facebook melarang komentar dengan hal yang mengandung ujaran kebencian, namun tetap banyak orang melakukannya. Saling hujat, ejek, adu mulut dalam sebuah forum.

4. Masih marak berita hoax

Memberantas berita hoax sudah dilakukan oleh pemerintah maupun dari Facebook itu sendiri. Tapi semua tidaklah cukup, berita hoax terlalu banyak bertebaran. Oleh sebab itu, kita yang harus pandai-pandai memilih dan menyaring mana informasi yang benar dan mana yang hoax. Kita juga bisa melapor jika menemukan informasi yang tidak layak.


5. Facebook beralih fungsi

Yang awalnya sebuah sarana untuk membangun persahabatan kini berubah menjadi sarana untuk mencari uang. Kini semua berubah, semua serba internet marketing. 


6. Banyak orang telanjang

Bukan arti sebenarnya, maksudnya adalah banyak orang yang seperti telanjang. Tidak ada lagi yang namanya privasi. Aib sendiri diumbar padahal di Facebook ada banyak sekali orang yang melihat kita. Meskipun telanjang disini bisa diartikan dalam arti sebenarnya karena masih banyak konten pornografi di Facebook.


7. Rawan pencurian data


Seperti kasus yang sedang heboh soal pencurian data 50 juta penggunanya, Facebook merupakan tempat yang rawan akan pencurian data. Melalui kebiasaan-kebiasaan kita dengan gadget kita, Facebook bisa menganalisa siapa diri kita, mulai dari tempat tinggal, makanan favorit, musik, dan lain sebagainya. Dan jika sampai data bocor, bisa sangat gawat apalagi jika dilakukan untuk hal-hal yang merugikan.


8. Pembunuh waktu 


Bukan rahasia lagi kalau orang-orang senang berlama-lama di Facebook. Membuang waktu dengan sia-sia untuk hal-hal tidak perlu, padahal masih banyak hal yang lebih berguna daripada berlama-lama di Facebook.


9. Facebook bagaikan labirin

Labirin, masuknya mudah keluarnya susah. Ya begitulah kira-kira. Banyak orang betah di Facebook, dan seperti tidak bisa bertahan tanpanya. Kita selalu terbayang-bayang akan sosoknya, perhatiannya, dan pertanyaannya yang menggoda 'Apa yang sedang anda pikirkan?'. 


10. Facebook dibuat hanya untuk uang


Yang terakhir, Mark Zuckerberg mendirikan Facebook tidak lebih hanya untuk sarana pembuatan uang. Mulai dari data-data pribadi, pengiklan yang memanfaatkan data pribadi, pengembang aplikasi yang memanfaatkan data pribadi. Semuanya akan ditukar menjadi uang. 


Facebook bisa diibaratkan seperti penjara, karena banyak orang terperangkap di dalamnya dan susah sekali keluar. Saya sendiri punya akun Facebook, dan masih aktif dari tahun 2013 lalu. Mulai dari sekarang, bijak-bijaklah dalam menggunakan akun sosial media dan tetap berhati-hati akan data pribadi anda. Semoga bermanfaat. 

2 Komentar Inilah Fakta Yang Ada di Facebook

  1. Sekarang saya sudah jarang buka Fesbuk, lebih enak main di twitter orang2nya berkelas :D
    krn semua orang udah punya fesbuk sampai pembantu saya aja punya fesbuk. Di twitter saya merasa orang2nya lbh pinter, nggak semua orang fesbuk punya twitter, ya ga mungkinlah pembantu saya bisa main twitter :D fesbuk kastanya sudah turun banget skrg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Facebook milik semua kalangan darimana saja mba. Wkwk. Terimakasih sudah mampir.

      Hapus

Back To Top