ADITTP.com: Dunia dan segala isinya.

Blog pribadi yang berisi tentang apa saja yang ada di dunia dan sekitarnya. Berbagi apa saja sesuai dengan kehendak pemiliknya. Suka-suka saya.

Sabtu, 10 Februari 2018

Ini Lho! Jalan Raya Paling Aman di Dunia.



Hari Jum'at kemarin aku baru saja berkunjung ke Purwokerto. Seperti biasanya, aku lewat jalan Karangbolong. Jalan utama penghubung Karangbolong sampai Gombong. Jalan yang ramai apalagi saat-saat hari libur. Ditambah lagi jalan itu menghubungkan daerah pariwisata pantai-pantai Selatan daerah Kebumen. Kebumen memang dikenal memiliki wisata pantai yang sangat beragam. Wajar saja banyak kendaraan lewat baik dari dalam maupun luar daerah.

Hari itu aku berjalan seperti biasa dengan kecepatan kurang lebih 60 km/jam. Terkadang harus sabar jika ada dump truk di depan karena jalan cukup sempit dan agak ramai. Dump truck memang sering lewat jalan Karangbolong. Tidak jarang kita juga harus berhenti jika ada truk yang berpapasan. Bus-bus besar pun sering lewat karena jalan Karangbolong merupakan jalur alternatif menuju ke Jogjakarta.

Di ruas jalan daerah desa Karangsari, Kec. Buayan aku melewati jalan yang bisa disebut jalan paling aman di dunia. Bisa dibilang begitu karena disitu jarang sekali terjadi kecelakaan besar yang berujung mengakibatkan korban jiwa. Jarang sekali ada kecelakaan yang mengakibatkan kematian di daerah itu. Ini penampakan jalan paling aman di dunia tersebut.



Mungkin ada yang bilang 'jalan rusak kok dibilang paling aman?'. Iya, memang terlihat agak ngaco dan nyeleneh. Tapi begitulah kenyataannya. Di ruas jalan itu hampir semua kendaraan yang melewati berjalan dengan kecepatan 5-10 km/jam. Hampir mustahil terjadi tabrakan hebat antara pengendara. Paling hanya senggolan kecil yang tidak begitu berarti. Selain jalan paling aman, jalan itu juga bisa membuat pengendaranya menjadi tidak ngantuk. Meskipun awalnya ngantuk, setelah melihat jalan itu di depannya, pengendara biasanya langsung melek dan hilang rasa kantuknya. Mungkin mereka kagum dengan jalan paling aman di dunia ini ya, guys?

Setelah melewati jalan itu dan juga banyaknya jalan yang sama di Kabupaten Kebumen, aku jadi berpikir bahwa sepertinya itu adalah keberhasilan pemerintah Kabupaten Kebumen mengurangi kematian akibat kecelakaan kendaraan. Program jalan rusak milik Pemerintah Kebumen benar-benar sukses. Kecelakaan berkurang dan angka kematian juga berkurang. Sayangnya angka kecelakaan bisa berkurang jika jalan tersebut rusak semua atau parah.



Gambar di atas adalah contoh lain jalan yang paling aman di dunia.

Untuk jalan yang rusak sebagian malah bisa dibilang lebih sering terjadi kecelakaan. Alasannya sering kali ku dengar, alasannya seringkali kau ucap. Seperti lagu milik Repvblik.
Ketika sedang berjalan dengan nyaman di kecepatan, tiba-tiba ada jebakan di depan mata. Dan terjadilah 'Ayam eh ayam!!! itu kalau pengendaranya latah. Dan terjadilah tragedi karena jebakan di jalan raya.

Lalu kasus kedua. Ketika sedang berjalan dengan nyaman di kecepatan, tiba-tiba ada jebakan di depan mata. Dengan sigap si pengendara berhasil banting setir dan lolos. 'Hampir saja', katanya dalam hati. Lalu beberapa mili detik setelah merasa aman tiba-tiba 'Bressssss!!' dari arah belakang sebuah bus pariwisata menghancurkan segalanya. Semua sirna sudah. Itulah yang sering terjadi di jalanan penuh jebakan.

Lain di jalan yang rusak sebagian, penuh jebakan dan kejutan, lain pula di jalan lurus yang mulus. Dijalan lurus mulus kasusnya adalah akibat dari si pengendara sendiri. Tidak sabar berada di belakang truk kontainer yang berjalan seperti keong raksasa karena penuh muatan, pengendara mencoba melongok ke depan. 'Aman, jalan kosong.' Lalu pengendara itu menyalipnya truk lamban itu.
Wussssssss. Sedang menyalip, tiba-tiba datang kejutan lain yang bukan lubang. Bus pariwisata dengan kecepatan hampir maksimum melaju ke arahnya. Dan setan berkata 'Surprise!!', lalu tertawa dengan bahagianya.

Si sopir bus dengan keperkasaan body busnya hanya bisa membunyikan klakson telolet telolet. Si pengendara yang menyalip truk itu hanya bisa pasrah. Mau bagaimana lagi? Berkata 'om telolet om kepada sopir bus supaya membunyikan klakson lagi rasanya tidak memungkinkan. Akhirnya pengendara tadi hanya bisa menyerahkan semua kepada Yang Maha Kuasa. Itulah kasus yang sering terjadi di jalan-jalan baik yang rusak sebagian penuh jebakan dan jalan lurus yang mulus.

Setelah ini, masihkah ada yang ragu kalau jalan yang rusak parah seperti foto di atas merupakan jalan paling aman di dunia?

2 Komentar Ini Lho! Jalan Raya Paling Aman di Dunia.

  1. Walopun ada benernya, tp miris banget liat jalan kyk kolam mandi bebek begitu ya :( ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulah, jalan rusak soalnya uangnya dipakai buat korupsi

      Hapus

Back To Top