ADITTP.com: Blog Sekarepe Dewek

Blog pribadi yang berisi tentang apa saja yang ada di dunia dan sekitarnya. Berbagi apa saja sesuai dengan kehendak pemiliknya. Suka-suka saya.

Selasa, 07 Agustus 2018

Resmi Rilis, Intip Fitur Lengkap Android 9 Pie


Akhirnya, Android 9 Pie secara resmi dirilis Google. Pemberian nama Pie pada Android 9 ini tentu meleset dari prediksi Huawei yang menyebutnya Pistachio. Saya sih setuju namanya Pie, singkat dan mudah diingat.

Pembaruan di Android 9 Pie membawa beberapa fitur baru yang keren. Android Pie diciptakan untuk mampu beradaptasi dengan bagaimana kamu menggunakan smartphone kamu. Bisa dibilang Android P ini akan mencoba menjadi asisten pribadi kamu dalam berbagai kegiatan.

Berikut adalah fitur-fitur yang akan kamu temui di Android 9 Pie.

Intuitive Navigation



Berbeda dari versi Android sebelumnya yang memiliki 3 tombol navigasi, Android 9 hanya memiliki satu tombol untuk pengoperasiannya. Penggunaannya pun mudah, kita hanya perlu swipe ke atas untuk membuka app drawer, swipe ke kanan atau kiri untuk membuka aplikasi yang berjalan.

Adaptive Battery & Brightness



Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa menghemat baterai lebih banyak. Seperti namanya, adaptive battery akan menyesuaikan penggunaan daya baterai, sehingga aplikasi dan layanan lain yang tidak digunakan sama sekali tidak membuat daya baterai terkuras percuma.

Sementara untuk adaptive brightness, kita tak perlu repot lagi mengatur kecerahan pada ponsel. Secara otomatis, fitur ini akan menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan penggunannya.

App Action


App action membuat kita menjadi lebih mudah untuk melakukan tugas dengan lebih mudah. Fitur ini akan memprediksi apa yang akan pengguna lakukan selanjutnya.

Contohnya, App Action akan menampilkan kontak yang sering kita hubungi di app drawer secara otomatis. Mampu menyesuaikan dengan perjalanan yang rutin kita lakukan. Atau ketika kita menggunakan headphone, otomatis lagu akan otomatis berlanjut.

Slices



Fitur ini dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam menggunakan aplikasi tanpa harus membukanya. Contohnya ketika kita hendak memesan angkutan online, Google akan secara otomatis menunjukkan besaran biaya untuk mencapai lokasi yang hendak kita tuju.

Digital Wellbeing


Digital Wellbeing difungsikan untuk mengatasi kecanduan menggunakan smartphone. Teknologi seharusnya membantu, bukan malah mengalihkan perhatian. Dengan ini, penggunanya bisa mengetahui berapa lama kita akan menggunakan smartphone dan aplikasi mana yang paling sering dilihat.

App Timer


Masih untuk mengatasi kecanduan smartphone, fitur ini berguna untuk membatasi aplikasi yang digunakan. Jika aplikasi yang digunakan sudah mendekati batas yang ditetapkan, ikon aplikasi akan berubah warna menjadi abu-abu.

Wind Down and Do Not Disturb



Wind Down berfungsi untuk mengatur jadwal harian pengguna dan ponselnya untuk tidur. Jika sudah lewat waktu yang ditentukan, layar ponsel akan berubah warna menjadi grayscale.

Sementara Do Not Disturb berguna untuk membantu penggunanya untuk melakukan aktivitas yang tidak bisa diganggu oleh notifikasi ponsel. Dengan ini, pengguna bisa tidur nyenyak karena semua notifikasi akan dijeda. Kita bisa mengaktifkan dan menonaktifkan Do Not Disturb kapan saja kita mau.

Untuk sementara, Android P bisa dinikmati oleh pengguna Pixel. Kemudian akan bertahap akan dikirimkan kepada ponsel yang telah terdaftar dalam program beta seperti Essential Phone, OnePlus 6, Oppo R15 Pro, Nokia 7 Plus, Sony Experia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, Vivo X21.

Fitur-fitur di Android P ini tidak hanya seperti yang diuraikan di atas. Berikut adalah fitur Android P yang bisa kita rasakan berdasarkan situs android.com.


Aksesbilitas


Accessibility Menu: Dengan menu aksesibilitas baru Android 9, tindakan umum seperti mengambil tangkapan layar dan bernavigasi dengan satu tangan kini lebih mudah bagi pengguna yang mengalami gangguan motorik.

Select to Speak - OCR in Camera View: Dengan Select to Speak, Anda dapat memilih teks di layar dan konten akan dibacakan. Sekarang, Android 9 menambahkan dukungan OCR tambahan untuk S2S di Kamera dan Gambar untuk membuat teks menjadi lebih mudah diakses. Cukup pilih teks saat menggunakan kamera atau dalam gambar, dan teks akan disorot dan dibaca dengan keras.

Sound Amplifier: Layanan aksesbilitas baru ini mempermudah untuk memahami percakapan dengan menyesuaikan secara dinamis lebih dari 100 pengaturan untuk meningkatkan audio dalam berbagai skenario seperti restoran, bar, atau konser yang keras.

Baterai dan Kecerahan


Battery saver: Penghemat Baterai menjaga tagihan Anda lebih lama dari sebelumnya dengan mematikan fitur seperti layar Selalu Aktif. Selain itu, Anda memiliki kontrol lebih terhadap ketika itu datang - sehingga Anda dapat melakukan lebih jauh dengan satu tagihan.

Adaptive battery: Fitur ini menggunakan pembelajaran mesin untuk memprediksi aplikasi mana yang akan Anda gunakan dalam beberapa jam ke depan dan yang kemungkinan besar tidak Anda lakukan, jadi ponsel Anda hanya menghabiskan daya baterai pada aplikasi yang Anda minati.

Adaptive brightness: Dengan Kecerahan Adaptif, ponsel Anda belajar bagaimana Anda mengatur kecerahan layar Anda di lingkungan pencahayaan yang berbeda dan secara otomatis melakukannya untuk Anda dari waktu ke waktu.

Background restrictions: Sekarang, Anda akan melihat rekomendasi di Setelan untuk membatasi aplikasi tertentu yang menggunakan terlalu banyak baterai, sehingga Anda dapat memiliki lebih banyak kendali atas baterai Anda.

Kamera


Multi-camera support: Dengan Android 9, pengembang kini dapat menciptakan pengalaman imersif menggunakan streaming dari dua atau lebih kamera fisik, seperti pada perangkat dengan kamera depan-ganda atau dual-back. Contohnya termasuk kedalaman, bokeh, visi stereo, dan banyak lagi.

Dukungan kamera eksternal: Android 9 sekarang mendukung kamera USB / UVC eksternal pada perangkat tertentu.

Digital Wellbeing


Do Not Disturb: Perbaikan Do Not Disturb untuk membungkam bukan hanya bunyi pemberitahuan, tetapi juga semua gangguan visual. Panggilan dari kontak yang berbintang masih akan diterima, jadi Anda tidak perlu khawatir kehilangan sesuatu yang mendesak.

App dashboard: Dapatkan tampilan harian dari waktu yang dihabiskan di ponsel Anda, seberapa sering Anda menggunakan berbagai aplikasi, dan berapa banyak notifikasi yang Anda dapatkan.

Wind Down: Atur jadwal harian agar ponsel Anda siap untuk tidur. Grayscale memudarkan layar Anda ke abu-abu sementara notifikasi Do Not Disturb silent untuk tidur nyenyak.

App Timers: Timer aplikasi memungkinkan Anda menetapkan batas waktu harian untuk aplikasi Anda. Ketika Anda mencapai batas, aplikasi dijeda untuk sisa hari itu.

Display


Display cutout: Dukungan untuk perangkat dengan guntingan untuk memanfaatkan ruang layar yang tersedia.

Edge-to-edge screens: Dukungan untuk perangkat dengan rasio aspek 18: 9 dan tinggi, dan perangkat dengan guntingan tampilan.

Enterprise


Multiple users on dedicated devices: Android 9 memudahkan pengguna untuk berbagi satu perangkat, baik untuk pekerja shift atau kios umum.

Work tab in launcher: Sekarang, Anda dapat memisahkan aplikasi kerja Anda secara visual. Ketuk tab kerja untuk melihat semua aplikasi kerja di satu tempat, dan matikan dengan beralih sederhana saat Anda selesai bekerja.

Tunda pembaruan Over-the-air (OTA): Android 9 sekarang memberikan kemampuan bagi admin IT Enterprise untuk menentukan periode pembekuan hingga 90 hari selama waktu itu perangkat dalam armadanya tidak akan memperbarui OS Android. Ini memastikan status perangkat mereka tetap tidak berubah selama waktu kritis seperti hari libur.

Media


Multiple Bluetooth connections: Dengan Android 9, Anda dapat menghubungkan hingga lima perangkat Bluetooth dan beralih antar perangkat ini dengan mulus. Panggilan telepon yang masuk akan dikirim ke semua perangkat Bluetooth yang terhubung yang dapat menerima, jadi Anda tidak akan pernah melewatkan panggilan.

Sound delay reporting: Android 9 menawarkan dukungan untuk headset dengan pelaporan tunda suara, sehingga video di perangkat dan audio di headphone Anda selalu dapat tetap sinkron.

Volume memory per Bluetooth device: Android 9 sekarang akan mengingat volume terakhir yang Anda tetapkan untuk setiap perangkat Bluetooth Anda. Tidak ada lagi peledakan musik terlalu keras saat Anda tersambung kembali ke mobil atau headphone Anda.

HDR: Android 9 menambahkan dukungan yang sudah ada untuk High Dynamic Range (HDR) Profil VP9 2, sehingga Anda dapat menonton film yang mendukung HDR di YouTube dan Google Play Film. HDR meningkatkan jangkauan kecerahan dan warna video untuk meningkatkan kualitas gambar dan pengalaman.

HD Audio: Peningkatan kinerja dan dukungan untuk audio HD yang menghasilkan suara berkualitas lebih jernih, lebih tajam, dan lebih kaya.

HEIF: Android 9 sekarang mendukung foto HEIF di platform Android untuk meningkatkan kompresi gambar dan mengurangi jumlah penyimpanan yang dibutuhkan.

Notifications


Notification enhancements for messaging: Sekarang, aplikasi perpesanan dapat memberikan 'balasan pintar' yang disarankan di pemberitahuan, sehingga Anda dapat merespons dalam ketukan. Plus, semua draf balasan sebaris tidak akan hilang jika Anda menavigasi keluar, dan Anda akan dapat melihat gambar yang dikirim dari teman-teman Anda tepat di pemberitahuan.

Manage Notifications: Sekarang Anda memiliki cara cepat untuk mematikan pemberitahuan dari berbagai aplikasi, jadi Anda hanya menerima pemberitahuan yang berguna bagi Anda. Anda juga akan mendapatkan prompt pintar jika Anda menghapus pemberitahuan tertentu apakah Anda ingin tetap menerimanya.

Privasi dan Keamanan


Android Backups: Android 9 memungkinkan enkripsi cadangan Android dengan rahasia sisi-klien (PIN, pola, atau kata sandi perangkat) untuk keamanan yang lebih baik.

Android biometric prompt: Android 9 memperkenalkan sejumlah fitur keamanan baru, termasuk prompt otentikasi biometrik standar untuk memberikan pengalaman otentikasi yang lebih konsisten di Android.

Android Protected Confirmation: Pada perangkat keras yang kompatibel, aplikasi sekarang dapat menggunakan UI yang dikontrol oleh perangkat keras yang aman untuk mendapatkan konfirmasi Anda untuk transaksi sensitif, seperti melakukan pembayaran.

StrongBox: Pada perangkat keras yang kompatibel, aplikasi kini dapat memanfaatkan perangkat keras tahan- pasang untuk melindungi kunci privat mereka, sehingga semakin sulit bagi malware untuk mencuri kredensial mereka.

Penyempurnaan privasi: Android 9 menjaga privasi dalam sejumlah cara baru. Sekarang, Android akan membatasi akses ke mikrofon ponsel Anda, kamera, atau sensor lain saat aplikasi menganggur atau berjalan di latar belakang. (Jika aplikasi memang perlu mengakses sensor, itu akan menunjukkan pemberitahuan terus-menerus di ponsel Anda.) Android 9 juga membawa perbaikan penting yang melindungi semua komunikasi web dan menawarkan berselancar web pribadi.

System Usability Enhancements


At-a-glance on Always-on-Display: Lihat hal-hal seperti acara kalender dan cuaca di Layar Terkunci dan Layar Selalu Aktif.

Redesigned Quick Settings: Pengalaman pengguna yang lebih konsisten untuk Pengaturan Cepat dengan semua matikan, ditambah desain visual yang diperbarui dan menambahkan subteks informasi.

Volume controls: Kontrol volume yang lebih sederhana dan mudah diakses memungkinkan Anda mengontrol volume media secara instan, serta dengan cepat mengubah pengaturan volume panggilan dan notifikasi.

Screenshots: Sekarang, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan mudah dari menu daya dan menggambar, membuat anotasi, atau memotongnya dengan cepat.

Rotasi: Dapatkan kontrol lebih besar atas rotasi tampilan ponsel Anda dengan tombol sederhana yang menegaskan kapan Anda ingin mengubah rotasi pada perangkat Anda - bahkan ketika orientasi Anda terkunci.

New system navigation: Rancang ulang navigasi sistem Android untuk membantu membuatnya lebih mudah untuk mencari dan berpindah antar aplikasi. Geser ke atas dari mana saja untuk melihat pratinjau layar penuh dari aplikasi yang baru-baru ini digunakan, geser ke kiri dan kanan untuk menavigasi dengan mudah di antara mereka, dan ketuk satu untuk melompat masuk.

App Actions: Tindakan Aplikasi memprediksi apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya berdasarkan konteks Anda dan menampilkan tindakan itu langsung di ponsel Anda, menghemat waktu Anda.

Slices: Potongan interaktif aplikasi favorit Anda dapat muncul di berbagai tempat, seperti Google Penelusuran.

Overview Selection: Tekan lama untuk memilih teks atau gambar dalam mode Ikhtisar dan lihat tindakan berdasarkan apa yang telah Anda pilih (misalnya, opsi untuk rute ke alamat dengan Google Maps atau bagikan untuk sebuah gambar).

0 Komentar Resmi Rilis, Intip Fitur Lengkap Android 9 Pie

Posting Komentar

Back To Top